Wow….Pesta Adat, Lansia di Buton Tak Canggung Duet Menari, Agresif Layaknya ABG – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Wow….Pesta Adat, Lansia di Buton Tak Canggung Duet Menari, Agresif Layaknya ABG

Lansia di Buton menari saat pesta adat. Foto : Akhirman/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Ada satu tradisi yang masih dilestarikan masyarakat Wabula, Kabupaten Buton. Namanya Pidoa’ano Kuri, yakni tarian yang menceritakan secara simbolik tentang proses kejadian manusia sekaligus minta doa keselamatan. Menariknya, tarian dibawakan oleh para lansia (lanjut usia). Layaknya anak baru gede (ABG), mereka sangat bersemangat dan tak canggung berduet di depan umum.

Akhirman, Buton

Alunan musik tradisional terdengar dari sebuah bangunan tua berukuran 40×30 meter, Minggu (16/7). Suaranya yang merdu mendayu-dayu menjadi “magnet” sehingga menarik ratusan warga untuk datang di tempat itu. Alat musik itu sebenarnya hanya gong dan gendang saja, namun karena yang memainkannya sangat profesional, sehingga enak di dengar.

Dari kejauhan, tempat itu terlihat sudah dipadati warga. Rupanya mereka tidak ingin ketinggalan menyaksikan pesta adat yang memang saban tahun digelar di tempat itu. Warga Desa Wabula menyebut tempat berlangsungnya acara itu Galampa. Sedangkan pesta adatnya dinamakan “Pidoa’ano Kuri” atau berdoa untuk keselamatan.

Tarian yang dipentaskan dalam acara adat itu berbeda dengan tarian pada umumnya. Sebab pesertanya adalah orang tua atau lansia. Dalam pelaksanaanya, para penari maju secara berpasangan dengan mengenakan pakaian adat lengkap dan selendang. Lansia perempuan maju lebih dulu kemudian disusul sang pria. Setelah itu, mereka menari dengan tarian masing-masing, pria dengan Tari Ngibi sementara perempuan dengan Tari Pajoge.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top