Perusahaan Tebu Beroperasi, Warga Kulisusu di Butur Dilanda Banjir – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

Perusahaan Tebu Beroperasi, Warga Kulisusu di Butur Dilanda Banjir

Asisten I Pemkab Butur, Muliana (kedua dari kiri) saat menemui warga Kulisusu Barat yang menuntut penutupan perusahaan tebu PT Sumagro Sawitara, senin(17/7).
HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kecamatan Kulisusu Barat, Kabupaten Buton Utara (Butur) mengecam aktivitas perusahaan tebu di daerah mereka. Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Organisasi Pemerhati Masyarakat (OPM) Sultra itu menggelar unjuk rasa sebagai bentuk protes di Kantor Sekretariat Kabupaten Butur, Senin (17/7). Mereka mendesak Bupati Butur, Abu Hasan segera mencabut izin perusahaan berbendera PT Sumagro Sawitara tersebut.

Kordinator Aksi OPM Sultra, Zabar Sahir menuding, aktivitas perusahaan tebu itu menjadi penyebab terjadinya banjir yang melanda Kulisusu Barat beberapa waktu lalu. “Kami menemukan dugaan kuat PT Sumagro Sawitara telah melakukan cara-cara tak sesuai regulasi dalam memperolah lahan. Aktivitas perusahaan itu menyebabkan terjadinya banjir di Kulisusu Barat. Sepanjang sejarah baru terjadi,” teriak Zabar saat menyampaikan aspirasinya.

Bupati Butur diminta segera mengkaji kembali aktivitas perusahaan tebu yang telah ada sejak tahun 2014 itu. “Kami juga meminta Badan Lingkungan Hidup mengkaji aktivitas perusahaan itu karena mengancam kelestarian lingkungan,” tegasnya. Sementara itu, Asisten I Pemkab Butur, Muliana yang menemui massa berjanji akan menindaklanjuti aspirasi warga ke bupati. “Persoalan ini akan dikaji secara matang. Sehingga keputusan akhir menjadi solusi terbaik kedua belak pihak,” ujar Muliana. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top