Pembangunan Dua Jembatan Timbang di Kolaka Utara Terbengkalai – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kolaka Utara

Pembangunan Dua Jembatan Timbang di Kolaka Utara Terbengkalai

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Bangunan jembatan timbang di Kecamatan Wawo yang sudah ditumbuhi rumput dan pos penjagaannya tak terawat.

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan dua dari tiga jembatan timbang sebagai alat ukur kapasitas muat kendaraan di Kolaka Utara (Kolut) kini terbengkalai dan dipenuhi rumput liar. Kondisi tersebut terjadi karena fasilitas tersebut diambil alih pihak Kementerian Perhubungan sejak beberapa tahun lalu.

Kadis Perhubungan Kolut, Jamil Mas’ud menjelaskan, tiga unit alat ukur berat muatan kendaraan itu masing-masing berlokasi di jalan Trans Sulawesi di Kecamatan Wawo, Pelabuhan Tobaku serta di wilayah utara perbatasan Kolut-Malili, Sulawesi Selatan. “Kalau yang di Tobaku masih beroperasi hingga saat ini karena bisa menggunakan surat keputusan bupati untuk mengutip pendapatan asli daerah (PAD). Kalau lainnya diambil alih pemerintah pusat,” ungkap Jamil Mas’ud, Senin (17/7).

Sebagai wilayah yang didominasi pegunungan dibanding dataran rendah, pihak kementerian seharusnya bisa merespon untuk memberi kewenangan pada daerah memanfaatkan jembatan timbang itu. Jika dipenuhi, setidaknya masih dibutuhkan bangunan tambahan berupa gudang, sehingga kendaraan yang melebihi kapasitas bisa membongkar muatannya dan diamankan sementara waktu. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top