PDAM Kendari Klaim Merugi Rp 6 M Setahun, Tekan Kebocoran Air Tim Pengendali Dibentuk – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

PDAM Kendari Klaim Merugi Rp 6 M Setahun, Tekan Kebocoran Air Tim Pengendali Dibentuk

KENDARIPOS.CO.ID — Angka kebocoran air bersih di Kota Kendari tergolong cukup tinggi yakni mencapai 53 persen. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa selaku perusahaan pengelola air mengklaim kerugian hingga Rp 6 miliar per tahun atau sekira Rp 500 juta per bulan. Olehnya itu, PDAM akan memperketat pengawasan terhadap pelanggan air bersih dengan membentuk tim pengendali kebocoran air.

Pembentukan tim itu sebagai salah satu upaya menekan angka kerugian. Tim tersebut terdiri dari seluruh pegawai dan setiap tim dipimpin kepala bidang di PDAM Tirta Anoa dan bertugas melakukan pengawasan langsung dilapangan untuk mengidentifikasi pelanggan yang menunggak. Selain itu memantau potensi pencurian air yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

“Jadi kita bentuk empat tim. Masing-masing melakukan patroli lapangan dengan zonasi yang sudah ditentukan. Tugasnya memantau sambungan liar dan pelanggan yang menunggak,” ujar Damin, Direktur Utama PDAM Tirta Anoa, Senin (17/7).

Pengawasan tersebut dilakukan pada 18.000 pelanggan PDAM. Jika kerja tim pengendali tersebut efektif maka dipastikan pendapatan yang diraup akan meningkat drastis. “Pendapatan kita saat ini per bulan bisa Rp 2 miliar. Jika kebocoran itu mampu kita tekan 40 persen saja, maka bisa meningkat menjadi Rp 2,5 miliar per bulan,” tambah Damin.

Damin mengakui ketatnya pengawasan yang dilakukan akan berpotensi berkurangnya pelanggan. Itu akibat kebijakan pemutusan sambungan air bagi yang menunggak pembayaran. “Jadi kami ambil langkah tegas. Soalnya kita juga harus adil pada pelanggan yang taat membayar. Sekalipun akhir-akhir ini banyak pelanggan akhirnya berhenti,” tukasnya.

Untuk kualitas air bersih, Damin terus menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kendari untuk melakukan pemeriksaan kadar air. Secara rutin sampel air dicek di laboratorium. “Supaya kualitasnya tetap terjamin. Kepuasan pelanggan menjadi prioritas kami,” pungkasnya. (Alfin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top