Jumlah Pendaftar Di IAIN Kendari Meningkat – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Jumlah Pendaftar Di IAIN Kendari Meningkat

Antrian Pendaftaran Melalui Jalur Ujian Lokal di IAIN Kendari Beberapa Waktu Lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Animo jebolan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajatnya untuk melanjutkan pendidikan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari tahun ini disebut meningkat. Seleksi lokal yang dalam waktu dekat akan digelar, sudah ada 610 orang yang mendaftarkan diri. Mereka bahkan teridentifikasi berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dan tidak melulu berasal dari Sultra.

“Alhamdulillah, jumlah pendaftar di IAIN tahun ini meningkat secara signifikan dibandingkan tahun lalu,” sebut Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, saat ditemui kemarin. Ia lalu menjelaskan bahwa Ujian Lokal (UL) akan mulai digelar 18 Juli hari ini dengan agenda Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kendari itu menyebutkan bahwa peningkatan peminat masuk kampus Islam itu karena hasil dari sosialisasi IAIN Kendari tahun ini yang lebih luas hingga menjangkau beberapa Sekolah Menengah Atas (SLTA) di Sulawesi Tenggara (Sultra). Selain itu, perbaikan mutu layanan akademik telah mendapat apresiasi dari masyarakat yang berimbas pada meningkatnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi perguruan tinggi Islam negeri terbesar di Bumi Anoa itu.

“Berdasarkan data statistik sistem informasi akademik (SIA) IAIN Kendari, pendaftar ujian lokal berasal dari 254 sekolah yang tersebar di 14 provinsi termasuk Sultra, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur,” katanya, berbangga.

Menurut dia, dengan peningkatan jumlah pendaftar tersebut membuat panitia lebih selektif dalam penentuan kelulusan nanti. Sebab kuota maba untuk ujian lokal relatif lebih kecil dibandingkan jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. “Kuota untuk jalur ini lebih sedikit dibandingkan jalur penerimaan sebelumnya sehingga prosesnya akan lebih selektif. Bagi yang masih berminat mendaftar, kami masih membuka jalur prestasi lokal khusus yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik, mulai tanggal 17 sampai 22 Juli 2017,” jelasnya.

Dia menambahkan, sebelumnya IAIN Kendari telah menerima mahasiswa baru melalui dua jalur tersebut dengan jumlah lebih dari separuh kuota penerimaan mabanya tahun ini, sebanyak 1.000 orang. Penentuan kuota itu berdasarkan sumber daya yang dimiliki baik dari aspek sarana maupun prasarana yang dimiliki. “Rencananya tahun depan, kami akan menambah kuota penerimaan maba. Menyusul adanya pembangunan gedung baru dan kemungkinan penambahan tenaga pendidik,” tutupnya. (ima)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top