Hasil Audit, Dugaan Korupsi Bantuan Budidaya Rumput Laut di Bombana Rp 840 Juta – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Hasil Audit, Dugaan Korupsi Bantuan Budidaya Rumput Laut di Bombana Rp 840 Juta

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra tuntas mengaudit kerugian negara dalam perkara dugaan korupsi bantuan serapan budidaya rumput laut. Audit itu atas permintaan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bombana. Nilai kerugian dari dugaan korupsi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bombana tahun anggaran 2013-2014 sekira Rp 800-an juta.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Bombana, Bustanil N. Arifin, SH mengatakan hasil audit BPKP Sultra itu hampir sama dengan kerugian negara versi Kejari Bombana. Dalam penyelidikan awal, jaksa menemukan bahwa tindakan tiga pejabat di BPBD Bombana itu telah merugikan negara sekira Rp 840 juta. “Hasil audit BPKP dan hitungan yang kami lakukan hampir sama,” ujar Bustanil, Senin (17/7).

Dalam perkara itu, jaksa telah menahan tiga tersangka yakni AB selaku pejabat pembuat komitmen (PPK), MR selaku pejabat penandatangan SPM, dan SR selaku pelaksana dalam penyaluran senilai Rp 1,5 miliar itu. Bustanil N. Arifin, SH menambahkan dengan keluarnya audit BPKP Sultra maka selanjutnya berkas perkara dugana korupsi itu akan dirampungkan agar segera dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU).

“Secepatnya kami akan limpahkan untuk tahap I, dan kami upayakan agar kasus ini prosesnya terus berjalan. Harapan kami proses tahap I nanti tidak ada kendala, dan berkas yang kami limpahkan bisa langsung dinyatakan lengkap,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dana bantuan yang dikelola oleh BPBD Bombana tahun anggaran 2013-2014 itu sekira Rp 1,5 miliar. Seharusnya disalurkan kepada 14 kelompok tani penerima bantuan. Dimana dalam bantuan tersebut terdapat pengadaan peralatan, dan beberapa pekerjaan lainnya. Setelah dilakukan pemeriksaan, diduga pengadaan peralatan terjadi mark up. (kmr/c)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top