Bantu Masyarakat Miskin di Konsel, Mensos Gelontorkan Rp 44 Miliar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

Bantu Masyarakat Miskin di Konsel, Mensos Gelontorkan Rp 44 Miliar

Mensos Khofifah bersama Bupati Konsel H Surunuddin Dangga saat berkunjung di Konawe Selatan. Foto : Kamal/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Kunjungan Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa di Konawe Selatan membawa kabar gembira. Bukan hanya untuk Pemkab Konsel tapi juga masyarakat. Sebabnya, politisi PKB itu menggelontorkan bantuan hingga mencapai Rp 44 miliar lebih. Hanya saja, tidak semua dalam bentuk uang tunai.

Rinciannya, bantuan program keluarga harapan (PKH) untuk 8.614 warga Konsel senilai Rp 16 miliar lebih. Kemudian, bantuan beras sejahtera (Rastra) untuk 20. 228 keluarga atau senilai Rp 27 miliar lebih. Terus, bantuan sosial disabilitas kepada 22 jiwa, jika dirupiahkan sekira Rp 66 juta. Serta bantuan sosial lanjut usia untuk 67 jiwa senilai Rp 134 juta. Selain itu, juga berikan bantuan sembako kepada warga miskin dan beasiswa.

Mensos Khofifah mengungkapkan, bantuan yang diberikan tersebut untuk membantu Pemkab Konsel dalam mengurangi tingkat kemiskinan. Tahun ini, ada 8.614 jiwa dapatkan bantuan PKH. “Tahun depan, kita upayakan ditambah,” ujar Khofifah disela memantau penyaluran PKH, kemarin.

Untuk di Konsel penyalurannya bekerja sama dengan Bank Mandiri. Pemetaan penyaluran melalui bank ini dilakukan agar menghindari pemotongan atau penyalahgunaan dana PKH tersebut. “Kalau dulu mungkin ada bantuan dipotong. Sekarang peluang itu tidak ada,” jelasnya.

Jadi secara tekhnis lanjutnya, dia ingin memastikan agennya siap dan proses pencairannya sesuai yang diharapkan. Disisi lain kata Ketua PBNU Muslimat ini, tujuan dari program PKH agar memutus mata rantai kemiskinan. “Untuk memutus itu harus dari anak mereka sendiri. Supaya orang tua yang kurang mampu tidak ada lagi alasan tidak menyekolahkan anaknya,” katanya.

Sementara untuk program rumah tidak layak huni (RTLH) yang saat ini menjadi salah satu program unggulan kabupaten itu, dirinya sangat mengapresiasi. “Saya sangat apresiasi walaupun saat ini belum ada usulan di kementerian. Tapi pada dasarnya saya sangat mendukung,” ucapnya.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengaku senang dengan kunjungan Mensos. Dia berjanji akan mensukseskan seluruh program Kemensos tersebut.”Saya selaku pemerintah daerah siap mendukung seluruh program Kemensos,” janjinya.Dihadapan Mensos Surunuddin mengungkapkan angka kemiskinan di Konsel masih sekira 13 persen. Dengan jumlah itu, pihaknya bertekad untuk menurunkan dengan berbagai langkah. Antara lain membangun dan rehab rumah secara sinergi dan bersama-sama dengan berbagai sumber. Disamping itu ada bantuan dari Kemenpera sebanyak 1.500 unit. Ditambah dana CSR 53 buah, kemudian gabungan APBD dan dana desa, sekira 300 buah.

Ditambahkannya, dirinya berterimakasih kepada Mensos yang menyempatkan diri untuk hadir dalam penyaluran secara simbolik bantuan PKH tersebut. “Mudah-mudahan menteri bisa memberikan perhatian serius, khususnya dalam penanganan angka kemiskinan dan rumah tidak layak huni. Agar kesungguhan kami dalam membangun Konsel khususnya memberantas kemiskinan bisa segera tercapai,” harapnya. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top