9.276 Siswa Baru di Kendari Ikut Pengenalan Lingkungan Sekolah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

9.276 Siswa Baru di Kendari Ikut Pengenalan Lingkungan Sekolah

KENDARIPOS.CO.ID — Awal tahun ajaran 2017/2018 menjadi lembaran baru bagi anak yang dinyatakan lulus melalui penerimaan peserta didik baru (PPDB), baik jenjang SD maupun SMP di Kota Kendari. Mereka resmi menyandang murid SD dan siswa SMP. Dibalut seragam sekolah, mereka begitu semangat. Mereka berlomba datang lebih awal mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), pagi kemarin. Bukan hanya anak-anak, para orang tua turut hadir mengantarkan sang anak.

Sejak pukul 06.00 wita kemarin, akses masuk di SDN 13 Baruga dan SMPN 9 Kendari penuh sesak dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Puluhan kendaraan antri masuk di dua sekolah yang berdampingan tersebut. Saking padatnya, pengantar yang menggunakan sepeda motor harus berjalan diantara mobil yang susah bergerak.

Usai mengantar anak, sebagian orang tua yang mengantar anaknya di SDN 13 Baruga bukannya pulang. Mereka memilih menunggu dan melihat anak-anaknya mengikuti upacara dan pembukaan PLS. Para orang tua menunggu lantaran anaknya belum mau ditinggal. Bahkan ada beberapa anak yang menangis lantaran tak melihat orang tuanya yang mungkin menunggu di kantin-kantin sekolah.

Data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, jumlah peserta PLS sekira 9.276 orang. Penganti Masa Orientasi Siswa (MOS) itu berlangsung selama tiga hari, mulai terhitung pada 17 sampai dengan 19 Juli. Koordinator Pengawas (Korwas) Dikmudora Kota Kendari, Makmur Tote menjelaskan jumlah PLS 9.276 orang terdiri atas 4.739 siswa baru di jenjang SMP sederajat dan 4.537 orang murid baru pada jenjang SD. Bagi siswa baru harus mengikuti PLS sesuai Peraturan Mentri Pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016. Nantinya, siswa diberikan sertifikat PLS oleh masing-masing satuan pendidikan.

“Sebenarnya tidak ada kata wajib dalam aturan itu, tetapi semua siswa baru diharuskan mengikuti kegiatan tersebut. Meskipun tidak ada konsekuensi yang mendasar, namun suatu saat siswa yang bersangkutan ingin pindah sekolah, maka sertifikat PLS harus diperlihatkan. Sebab di Kota Kendari kita berlakukan kebijakan itu, sebagai salah satu syarat untuk pindah. Itu juga kita tetapkan dalam prosedur operasional standar bahwa sertifikat PLS harus dilampirkan selain surat keterangan pindah,” tegas Makmur.

Makmur menambahkan semua siswa baru harus memiliki bukti bahwa sudah mengikuti PLS karena hal itu dititikberatkan pada pendidikan karakter. “Bedanya pada tahun ajaran ini, siswa baru harus mengikuti PLS selama tiga hari, sedangkan siswa lainnya langsung mengikuti proses pembelajaran sesuai jadwal masing-masing sekolah,” terang Makmur.

Sementara itu, Kepala SMPN 9 Kendari, Milwan mengatakan, sekira 350 siswa baru mengikuti upacara, sekaligus mengikuti PLS. Dia mengapresiasi antusias para orang tua, yang juga ikut melaksanakan upacara bersama. “Orang tua tidak hanya mengantar sampai dipintu gerbang sekolah, tetapi mereka juga ikut upacara bersama. Ini memang sudah menjadi tradisi orang tua. Bahkan menunggui anaknya selama mengikuti PLS. Selama tidak mengganggu, kami juga tidak melarang,” kata Milwan.

PLS ini jauh dari kekerasan, seperti diamanahkan Permendikbud. Semua kegiatan PLS berporos pada pendidikan karakter, pengenalan budaya sekolah dan pengenalan tata cara berperilaku dan kedisiplinan di SMPN 9 Kendari. “Apalagi sekolah kami ini merupakan sekolah ramah anak atau welcoming school. Bukan hanya itu, kami juga sebagai sekolah adiwiyata, jadi dalam PLS sudah ada tugas-tugas yang kami berikan kepada seluruh dewan guru. Tentunya tidak ada unsur kekerasan terhadap anak,” pungkasnya. (ima/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top