Musim Haji, Kemenag Kendari Pantau Izin Operasi Travel – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Musim Haji, Kemenag Kendari Pantau Izin Operasi Travel

KENDARIPOS.CO.ID — Memasuki musim haji dan umrah, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari meningkatkan pengawasan terhadap travel yang membuka layanan ke tanah suci. Itu untuk menghindari munculnya potensi penipuan terhadap masyarakat yang hendak umrah ataupun haji. Pengawasan dimaksud yaitu memantau izin operasi biro perjalanan (travel).

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari, Sunardin. Menurutnya, meski aksi penipuan travel jarang terjadi, pihaknya tetap memperketat pengawasan sebagai langkah pencegahan. “Kami periksa izin operasinya di kantor. Karena semua dokumen mereka ada sama kami, jadi kalau ditemukan ada yang kedaluwarsa maka akan diminta untuk segera diperpanjang. Intinya, semua potensi kejahatan yang merugikan masyarakat harus diantisipasi sedini mungkin,” ujar Sunardin, Kendari Pos.

Secara khusus Kemenag Kota Kendari akan mengawasi dan memantu travel yang mengurus umrah. Sunardin menambahkan pihak imigrasi sudah melakukan pengawasan dengan standar ketat. “Misalnya, ketika mengurus paspor maka imigrasi akan mengecek dulu rekomendasi dari kami. Begitu pun dengan kami, tidak ada rekomendasi (dikeluarkan) jika travelnya belum sesuai aturan,” tambahnya.

Sunardin menjelaskan, yang biasa terjadi, pada musim haji seperti ini terkadang ada jamaah yang berangkat ke tanah suci dengan menggunakan travel. “Lalu kemudian, disana (Makkah) bergabung dengan kloter. Itu yang akan kami awasi juga,” ungkapnya. (m1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top