Fasilitas Umum Perumahan Harus Disediakan Developer – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Fasilitas Umum Perumahan Harus Disediakan Developer

Perumahan

KENDARIPOS.CO.ID — Bisnis properti di Kota Kendari terus bertumbuh. Hanya saja, beberapa kompleks perumahan belum memiliki fasilitas umum yang memadai. Sebut saja fasilitas jalan perumahan, drainase dan juga Ruang Terbuka Hijau (RTH) masih minim dibangun oleh pengembang (developer).

Melihat kondisi itu, Pemerintah Kota Kendari mewajibkan pengembang memenuhi fasilitas umum sesuai perencanaan (site plan). Sebabnya, ketersediaan fasilitas tersebut merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi pengembang. “Dalam mengurus IMB kan sudah ada ketentuan fasilitas umum itu. Jadi sebagai developer harusnya merealisasikan perumahan sesuai perencanaan,” ujar Astawan Mangidi, Kepala Bidang Kawasan Permukiman, Dinas Tata Kota dan Pemukiman Kota Kendari.

Dijelaskannya, dalam ketentuannya fasilitas umum pada perumahan termasuk yang menggunakan sistem Kredit Perumahan Rakyat (KPR) harus dihibahkan kepada Pemkot. Hanya saja, Pemkot hanya dapat menerima hibah jika fasilitas umumnya sudah dibangun secara keseluruhan. “Kami tidak terima jika fasilitas umumnya tidak ada. Jika tidak dihibah, maka tanggung sendiri biaya perbaikan ataupun perawatan fasilitas itu,” ungkap Astawan.

Secara khusus juga, Astawan Mangidi juga meminta warga sebagai user perumahan harus kritis terhadap developernya. Dalam hal ini, sebelum memutuskan mengambil KPR, maka hal yang harus diperhatikan adalah perencanaan faislita umum. “Mereka dapat menuntut sesuai perencanaan tadi. Jika fasilitas umumnya tidak ada, maka silakan buat aduan di Pemkot. Kami akan panggil developernya,” tambahnya.

Jika pihak pengembang tidak konsisten terhadap penyediaan fasilitas umum, Pemkot dengan kewenangan pengawasannya dapat mengeluarkan surat teguran. Apabila tidak diabaikan maka sanksi pencabutan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dapat diberlakukan terhadap pengembang. “Dan itu sangat merugikan mereka nantinya,” pungkasnya. (Alfin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top