Empat Pecatur Sultra Siap Berlaga di Kejurnas – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Olahraga

Empat Pecatur Sultra Siap Berlaga di Kejurnas

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Empat pecatur Sultra siap bertanding dalam Kejuaran Nasional (Kejurnas) Catur di Cipayung Bogor, Jawa Barat (Jabar). Mereka yang diutus oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sultra merupakan hasil seleksi dari lomba Kendari Pos Open Turnamen beberapa waktu lalu. Sesuai agenda, pelaksanaan kejuaraan ini akan berlangsung tanggal 17 hingga 22 Juli mendatang.

Wakil Sekretaris Percasi Sultra, Ali Yasin mengatakan sebenarnya ada lima pecatur yang akan bertanding dalam Kejurnas, namun karena sesuatu dan hal, kini hanya empat pecatur diutus. Mereka adalah Andi Balado (Kolaka), Burhan Odex (Kendari), Dupalitan (Baubau), dan Ld Nasrun (Baubau). Sementara Nasril Naim (Kolaka Utara) berhalangan berpartisipasi dalam pertandingan di Cipayung.

“Keempatnya akan bertanding dalam kelompok senior, dengan sistem swiss manager dalam sepuluh babak. Total waktu pikir yang digunakan untuk setiap babak adalah 90 menit dan 30 detik tambahan waktu untuk setiap langkah. Berdasarkan jadwal yang ada hari Senin ini mereka akan bertanding dalam dua babak,” ungkapnya.

Kata dia, keempatnya diharapkan bisa bermain bagus sehingga bisa mengharumkan nama daerah dikancah nasional. Apalagi, mereka adalah atlet-atlet berbakat yang memiliki peluang untuk meraih prestasi yang diharapkan. “Apalagi sebelum bertanding selalu berlatih sebagai persiapan menghadapi kejuaran ini,” ujarnya.

Selain memperebutkan berbagai hadiah menarik yang disediakan, para pecatur memiliki kesempatan yang sama untuk mendapat gelar master. Bagi pemain dikelompok terbuka yang berhasil mendapat juara 1 hingga 3 atau memiliki 7 VP berhak mendapat gelar master nasional.

“Sementara untuk kelompok wanita gelar master nasional bisa didapat dengan mengumpulkan minimal 6,5 VP. Kemudian untuk master percasi didapatkan dengan poin 6,5 VP untuk kelompok terbuka dan 6 VP untuk kelompok wanita. Kami berharap diantara keempatnya ada yang berhasil meraih gelar master nasional,” harapnya. (b/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top