Deputi KPw BI Sultra : Transaksi Non Tunai Lebih Menguntungkan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Deputi KPw BI Sultra : Transaksi Non Tunai Lebih Menguntungkan

Deputi KPw BI Sultra, LM Bachtiar Zaadi.

KENDARIPOS.CO.ID — Transaksi non tunai jauh lebih menguntungkan. Makanya Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sultra tidak kenal bosan menyuarakan gerakan nasional non tunai (GNNT). Terbaru, mulai tanggal 1 Januari 2018, semua stakeholders tingkat kabupaten/kota diwajibkan bertransaksi dengan metode ini. Artinya, setiap penerimaan dan pengeluaran tidak boleh dilakukan dengan uang cash. Pertimbangannya, metode ini sangat aman dan transparan karena arus keluar masuk uang negara tercatat secara rinci dalam sistem dan jelas mengurangi kemungkinan korupsi dan pencucian uang.

Deputi KPw BI Sultra Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern, LM Bachtiar Zaadi menjelaskan, sejak tahun 2014 sejatinya BI telah menggiatkan GNNT namun saat itu lebih ditekankan ke masyarakat. Pasalnya, transaksi non tunai lebih aman, prosesnya cepat, mudah dan efektif serta meminimalisir konsekuensi terburuk, misal perampokan.

“Secara umum, transaksi non tunai sudah mulai berkembang di masyarakat karena sangat bermanfaat. Kembalian 1 sen pun pasti kembali. Jadi tidak ada kembalian permen untuk gantikan uang Rp 500, lumayan kan untuk berhemat,” terang Bachtiar.

Selain itu, sambungnya, dengan transaksi non tunai tentu negara akan lebih hemat anggaran karena pengeluaran untuk mencetak uang yang totalnya mencapai Rp 3 triliun per tahun bisa dialokasikan ke sektor lain. “Di luar negeri bahkan taksi sudah pakai mesin EDC. Jadi kemana-mana kita tidak perlu repot bawa uang tunai,” tambahnya.

Selanjutnya, ia pun mengimbau masyarakat Sultra untuk lebih cinta uang tunai. Bukan dalam artian materialistis melainkan menjaga kualitas uang (utamanya uang kertas) dengan baik. Melipat dan memperlakukan uang dengan tidak wajar sama halnya dengan menambah beban negara karena biaya mencetak tidak sedikit. Kata dia, masyarakat harus bangga memiliki mata uang rupiah dan wujud rasa bangga harus ditunjukkan dengan menjaganya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top