Cari Figur Cagub Berkualitas, Demokrat Sultra Libatkan Delapan Akademisi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Cari Figur Cagub Berkualitas, Demokrat Sultra Libatkan Delapan Akademisi

KENDARIPOS.CO.ID — Partai Demokrat memiliki harapan besar agar calon gubernur yang diusung nantinya benar-benar memiliki kualitas dan kompetensi yang bisa diandalkan. Olehnya itu, Partai Demokrat menyusun materi untuk menjadi pembahasan dalam debat bakal calon gubernur yang mendaftar. Penyusunan materi itu melibatkan tim yang terdiri dari delapan akademisi yang ada di Sultra.

Ketua DPD Demokrat Sultra, Muhammad Endang mengatakan, pihaknya telah mendiskusikan sejumlah materi bersama delapan pakar akademisi yang merupakan tim perumus. Misalnya terkait tata kelola pemerintahan dan birokrasi, kesejahteraan rakyat, kemakmuran rakyat, dan infrasutruktur. “Termasuk komitmen untuk anti politik uang, komitmen mempersatukan para birokrat dan pendukung pasca Pilgub nantinya,” katanya sai diskusi perumusan topik dan materi debat kandidat gubernur Sultra 2018-2023, di Sekretariat DPD Demokrat Sultra, Sabtu (15/7).

Disebutkannya, kedelapan pakar tersebut yakni Prof. Abdullah Al Hadzah, Prof. Nasruddin Suyuti, Prof. Andi Bahrun, Prof. Wempy Banga, Prof. Sartiyah Yusran, Prof. Azhar Bafadal, Prof. Eka Suaib, dan Dr. Anas Nikoyan. Mereka dipilih karena merupakan pakar sekaligus penggiat, baik dibidang ekonomi, pendidikan, sosial kemasyarakatan, dan lainnya. Bahkan, mereka juga dinilai masih netral dan lebih paham das sein dan das sollen.

Kata dia, materi yang disepakati tersebut akan didalami para figur yang telah dinyatakan lulus verifikasi berkas. Pemaparan visi misi ini sebagai pertandingan gagasan, platform, track record, penguasaan masalah dan solusinya. “Dan ini (pemaparan visi misi) wajib diikuti,” jelasnya.

Menurutnya, khusus empat tema besar akan disampaikan diempat zona. Yakni, akan mulai pertama di Kota Kendari, Baubau, Raha dan Kolaka Utara. Pemaparan visi misi itu dihelat Agustus. Sementara itu, Tim Pakar Perumus Tema Pemaparan Visi Misi, Prof. Abdullah Al Hadzah menjelaskan, sejatinya keempat tema tersebut adalah proses edukasi kepada masyarakat Sultra dalam menentukan pilihannya, di Pilgub mendatang. “Jadi, kami selaku akademisi memberikan substansi untuk mendapatkan kandidat yang paling baik diantara yang baik. Yang terbaik untuk Demorkat juga terbaik untuk bangsa dan masyarakat Sultra,” jelasnya.

Ia menambahkan, keempat tema tersebut diharapkan bisa mewakili Sultra. Mulai dari permasalahan yang ada dan dihadapi masyarakat. Kata dia, kurang lebih sepuluh variabel yang merupakan isu yang menonjol untuk Sultra. Kemudian, dikerucutkan dalam empat tema tersebut. “Dan tema tersebut bisa mewakili semuanya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, saat ini ada sembilan Bacagub dan satu Bacawagub yang mengembalikan berkas di Demokrat. Yakni, Rusda Mahmud, Lukman Abunawas, Ali Mazi, Supomo, La Ode Ida, LM. Rusman Emba, Ridwan Bae, Asrun, dan Tina Nur Alam. Kemudian, satu Baca wagub adalah Sjafei Kahar. Olehnya, kesepuluh figur tersebut akan mengikuti pendalaman visi misi di empat zona. (wan/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top