Butuh Rp 5 Miliar untuk Tiap Terminal Tipe B di Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Butuh Rp 5 Miliar untuk Tiap Terminal Tipe B di Sultra

Hado Hasina

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra masih terus merealisasikan konsep pembangunan sektor transportasi berbasis angkutan massal. Salah satunya dengan cara membangun terminal tipe B di setiap kabupaten dan kota. Saat ini baru 10 terminal yang siap dibangun oleh pemerintah provinsi sebab dari 17 kabupaten dan kota baru sekira 10 daerah yang sudah menyerahkan aset terminalnya. Hanya saja untuk memanfaatkan terminal itu, Dinas Perhubungan Sultra masih terkendala anggaran untuk melengkapi fasilitas terminal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, Hado Hasina mengatakan untuk meminimalisir banyaknya perdebatan antar sopir akibat adanya aktivitas terminal bayangan maka sangat dibutuhkan adanya terminal yang dilengkapi dengan halte di rutenya. Namun pihaknya masih terus membidik pasokan anggaran baik dari pemerintah daerah maupun pusat. “Kabupaten sudah siapkan lahan. Saat ini yang sementara dikerjakan diantaranya di Konawe, Buton Tengah, Butur dan Pasarwajo. Tapi fasilitasnya masih seadanya dulu karena anggaran kadang hanya Rp 600 juta yang turun,” ungkapnya.

Padahal kata Hado, minimal satu terminal membutuhkan anggaran Rp 5 miliar. Bila itu disetujui maka sistem transportasi di Sultra sudah bisa maju pada tahun 2019. Hanya saja realisasinya, pemerintah belum menganggap sektor perhubungan prioritas. “Sekarang ini orang melihat hanya infrastruktur jalan yang prioritas, makanya paling tinggi kita dapat anggaran Rp 2 miliar untuk terminal ini. Tapi tetap kita syukuri dan maksimalkan untuk membangun pelan-pelan,” katanya.

Masih menurut mantan Sekda Buton Utara itu transportasi adalah penyangga utama pertumbuhan ekonomi. Sehingga sangat diyakininya jika 10 terminal yang awal Januari lalu diserahkan ke Pemprov oleh kabupaten sudah tuntas maka arus barang dan jasa di Sultra semakin lancar. “Saya sangat optimis soal itu. Insya Allah target saya 2019,” tukasnya. Selain menuntaskan beberapa terminal itu, pihaknya juga fokus memperbaiki simpul-simpul jalan dan ruasnya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top