Astaga di Kendari Marak Pencurian Bunga, DLHK : Bunga Kana Banyak Dicuri – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Astaga di Kendari Marak Pencurian Bunga, DLHK : Bunga Kana Banyak Dicuri

Karyawan Harian Kendari Pos bersama pegawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari saat menanam bunga. Foto : LM SYUHADA RIDZKY / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kota Kendari menghijaukan dan memoles wajah kota nampaknya tidak berjalan mudah. Salah satunya tantangan yang dihadapi Pemkot yakni maraknya aksi pencurian bunga dibeberapa taman dan juga median jalan. Hal itu dikeluhkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari belum lama ini.

Sekretaris DLHK, Nur Rasak mengungkapkan pihaknya sudah berupaya menanam bunga pada setiap median jalan dan beberapa taman namun tak lama setelah ditanam, bunga-bunga tersebut raib. Atas kejadian itu, program membuat kota hijau menjadi terhambat. “Bunga yang kami tanam kadang hanya bertahan seminggu. Kadang pula hanya sehari sudah diambil lagi. Kami benar-benar dibuat pusing juga,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Akibat maraknya pencurian bunga tersebut, DLHK merugi hingga puluhan juta. Pasalnya, jenis bunga yang dicuri justru bunga yang indah dan harganya tidak murah. “Bunga Kana Jakarta paling banyak dicuri. Padahal itu kita beli dengan harga mahal,” tambah Nur Rasak.

Nur Rasak menjelaskan pencurian bunga itu terjadi bukan karena tidak adanya pengawasan tetapi karena kesadaran masyarakat yang rendah. Disisi lain juga instansinya kekurangan tenaga untuk terus memantau penjuru kota hanya untuk menjaga bunga-bunga termaksud. “Mungkin bunganya dicuri di malam hari. Itu kan petugas kita sudah istirahat,” tambahnya.

Nur Rasak berharap masyarakat turut mengawasi aksi pencurian bunga sehingga upaya menghijaukan kota tercapai. “Kami juga tanam bunga ini justru untuk keindahan kota dan itu juga masyarakat yang nikmati,” imbuhnya. (Alfin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top