Polda Sultra Usut Dugaan Korupsi PLTMH di Koltim – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Polda Sultra Usut Dugaan Korupsi PLTMH di Koltim

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidik Subdit III Ditreskrimsus Polda Sultra mengusut dugaan korupsi terhadap pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di Kolaka Timur. Proses penyelidikan masih dilakukan. Penyidik telah memeriksa beberapa saksi yang patut diduga mengetahui soal PLTMH itu.

Salah seorang saksi yang pernah diminta keterangannya adalah Sekda Koltim, Anwar Sanusi. Dia diperiksa dalam kapasitas saksi terkait kasus tersebut karena dianggap banyak mengetahui soal PLTMH. Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh membenarkan pemeriksaan Anwar Sanusi. Penyidik juga telah memeriksa enam saksi lainnya. Permintaan keterangan beberapa saksi, kata Kompol Dolfi untuk mengetahui apakah ada tindak pidana dalam kasus itu sehingga penyidik memerlukan data konkrit. “Kita sudah periksa dia (Anwar Sanusi-Red), tapi masih belum jelas. Data yang kami perlukan juga belum dibawa,” ujar Kompol Dolfi Kumaseh, Jumat (13/7).

Sejauh ini memang baru tujuh orang yang diminta keterangan. Menurut Kompol Dolfi, jika nantinya hasil penyelidikan ditemukan unsur tindak pidana, maka tidak menutup kemungkinan perkara itu akan dinaikan statusnya menjadi penyidikan. Selain itu, penyidik juga masih akan memeriksa kontraktor dan pelaksna pekerjaan proyek tersebut. “Pada intinya, masih penyelidikan. Saksi-saksi masih ada yang akan kami periksa, lalu gelar perkara,” kata Kompol Dolfi Kumaseh.

Informasi yang diperoleh koran ini menyebutkan tiga desa di Koltim pada tahun berbeda mendapat bantuan sosial (Bansos) PLTMH. Yakni dua desa di Koltim, tahun 2014 dan satu desa yakni Desa Silui pada tahun 2015. Anggaran yang digelontorkan mencapai miliaran rupiah. Namun hingga saat ini PLTMH di tiga desa itu belum berfungsi. (ade/c)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top