Muliati Saiman Siap Kawal Usulan Sultra di APBN-P – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Muliati Saiman Siap Kawal Usulan Sultra di APBN-P

Muliati Saiman, Komite IV DPD RI

KENDARIPOS.CO.ID — Anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sultra, Muliati Saiman “pulang kampung”. Srikandi Sultra di DPD itu melakukan studi lapangan untuk mendengarkan masukan dari Pemprov Sultra terkait usulan daerah yang akan masuk dalam postur APBN Perubahan.

Kunjungan kerja itu juga sekaligus menggali informasi terkait pengembangan Teluk Bone sebagai salah satu kawasan strategis yang menghubungkan Sultra dengan provinsi lain di sekitarnya. Muliati Saiman datang bersama Ketua Komite IV DPD RI Dr. Ajieb Padindang, Wakil Ketua Komite IV, Budiono dan Jhon Pieris, anggota DPD asal Provinsi Maluku.

Dijelaskan Muliati Saiman, pemerintah telah menyampaikan kepada DPD dan DPR terkait rancangan UU APBN Perubahan tahun 2017. Selanjutnya menjadi tugas DPD untuk memberikan pertimbangan terhadap APBN-P yang pembahasannya juga dilaksanakan oleh Komite IV DPD RI. Dalam tugas itu, DPD didukung oleh pusat pengkajian dan informasi anggaran pusat dan daerah yang dikenal dengan Budget Office DPD RI. “Kami berharap pemerintah daerah dapat menjadi mitra kerja yang mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi kemajuan di daerah,” jelasnya.

Lebih lanjut Muliati Saiman berjanji akan berjuang keras dalam perannya sebagai wakil daerah di pusat. Menurutnya saat ini pembangunan di daerah selalu terkendala dengan ketersediaan anggaran. Apalagi itu menyangkut infrastruktur publik yang membutuhkan anggaran miliaran hingga triliunan rupiah.

Terlebih saat ini keuangan pusat masih belum stabil. Dampaknya dana alokasi umum (DAU) di daerah kerap mengalami pemotongan. “Selalu soal anggaran. Semua sektor pembangunan membutuhkan anggaran besar, tapi pusat kadang harus memotong DAU, sehingga daerah tidak bisa menyiapkan program kegiatan secara baik, karena ada yang sudah jalan tiba-tiba harus dihentikan karena dipotong dananya. Insya Allah bisa kita push ke DPR supaya hal-hal semacam ini bisa diminimalisir,” paparnya.

Dia menambahkan, Sultra sudah banyak mendapat alokasi dana dari APBN. Namun, kebutuhan masyarakat dan daerah yang terus meningkat sehingga masih terus berusaha memasukan program strategis di pusat. “Kami akan pantau usulannya, apa-apa yang dimasukan nanti kita kawal sesuai dengan tanggung jawab kami,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten III Pemprov Sultra I Ketut Puspa Adnyana mengapresiasi kedatangan Komite IV DPD RI ini. “Kami yakin akan membawa manfaat besar bagi kemajuan daerah ini,” ungkapnya saat menerima kunjungan kerja DPD RI di ruang rapat Gubernur Sultra. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top