Mahasiswa Teknik UHO Ciptakan Alat Pengambilan Data Trafo PLN – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Mahasiswa Teknik UHO Ciptakan Alat Pengambilan Data Trafo PLN

Waode Ismawati/Kendari Pos
Tiga mahasiswa FT UHO yang berhasil menciptakan alat pengambilan data Trafo PLN, didampingi dosen pembimbingnya, menunjukkan produk SMt, Jumat (14/7).

KENDARIPOS.CO.ID — Satu lagi, karya yang patut dibanggakan dari mahasiswa terbaik Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO). Tiga mahasiswanya, yaitu Baharudin, Barakah Aswad dan Muhammad Faidul berhasil menciptakan alat pengambilan data trafo Perusahaan Listrik Negara (PLN) secara online.

Alat inovatif yang menjadi temuan tiga mahasiswa UHO tersebut, dinamai dengan Smart Monitoring (SMt). Ketua Tim Pembuat alat SMt-data, Baharudin, menjelaskan latar belakang penemuan alat yang bersistem teknologi tersebut. Diketahui, kendala yang kerap kali dihadapi oleh PLN adalah proses pengambilan data melalui trafo distribusi yang kurang efisien, dikarenakan cara yang digunakan untuk pengambilan data dari trafo distribusi tersebut masih dilakukan secara manual.

Untuk itulah, Baharudin bersama dua rekannya, menawarkan sebuah solusi untuk menanggulangi kendala tersebut. Maka mereka mampu menciptakan sebuah alat bernama Smart Monitoring yang berguna untuk mengetahui kondisi trafo distribusi secara online.

“Kami membuat alat ini untuk mempermudah kerja PLN dalam memperoleh data bagaimana kondisi dari trafo distribusi, karena data tersebut sangat dibutuhkan untuk melakukan penambahan daya ataupun pemasangan baru lagi,” jelasnya.

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro itu, menambahkan, alat yang telah diciptakan itu dapat bekerja secara online. Dengan demikian, pihak PLN tidak perlu lagi turun ke lapangan untuk mendatangi satu persatu titik di mana trafo tersebut terpasang. Selain memakan waktu yang lama serta biaya yang tak sedikit, juga membutuhkan tenaga kerja yang banyak.

“Dengan alat ini, maka proses pengambilan data tak perlu lagi turun ke lapangan, cukup hanya duduk dan memonitoring setiap perubahan trafo. Misalnya, dari segi perubahan tegangan yang terjadi tiap detiknya dapat langsung diterima oleh admin secara online. Apalagi sekarang ini kan teknologi sudah semakin canggih. Jadi bisa mempermudah cara-cara kerja manusia dalam kehidupan,” bebernya.

Rupanya, alat tersebut sudah diuji coba di PLN Kota Kendari. Hal itu diungkapkan oleh anggota tim lainnya, Barakah Aswad. Alat temuan tersebut bahkan mendapat respon yang positif dari pihak PLN. Menurut PLN, alat yang mereka temukan tersebut sangat membantu dari segi keamanan data dan biaya. Hanya saja untuk dapat digunakan oleh PLN masih ada beberapa hal yang perlu dikembangkan seperti alat-alat yang digunakan sehingga bisa sampai ke proses produksi.

“Alatnya sudah jadi 100% dan sudah diiji coba oleh PLN. Kurangnya kita itu masalah pengembangan alat. Sarannya supaya alat ini bisa dipakai di PLN harus dikembangkan lagi alatnya,” kata pria yang kerap disapa Aswad itu.

Dosen pembimbing, Hasmina Tari Mokui, mengapresiasi alat yang yang berhasil diciptakan oleh ketiga mahasiswanya tersebut. Katanya, ide cemerlang itu memang muncul dari mahasiswa kreatif tersebut. Bahkan temuan mahasiswa itu merupakan salah satu hasil dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dinyatakan lolos oleh universitas. Bangganya lagi, PKM berbasis teknologi menjadi pertama dan satu-satunya yang dinyatakan lolos di kampus hijau itu.

“Alhamdulillah PKM mereka ini juga sudah berhasil melewati dua tahap monitoring dan evaluasi dari assessor. Semoga PKM Teknik ini berhasil lolos di Pimnas nanti. Saya berharap bisa masuk, karena ini juga masih dikategorikan masih temuan baru. Ini diharapkan pula dapat memotivasi anak muda lainnya agar selalu berkarya. Mereka mengenali permasalahan yang ada di Sultra, lalu menawarkan solusinya,” pungkas Hasmina. (ima/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top