Kesiapan Calhaj Kota Kendari 95 Persen, Kemenag Bakal Gelar Simulasi Rukun Haji – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Kesiapan Calhaj Kota Kendari 95 Persen, Kemenag Bakal Gelar Simulasi Rukun Haji

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari berkomitmen menyelenggarakan ibadah haji tahun ini lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Olehnya itu, sejumlah persiapan teknis terus dimatangkan. Komitmen itu disampaikan Sunardin, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Kendari.

Untuk mematangkan persiapan teknis para jamaah calon haji, Kemenag Kota Kendari akan melakukan simulasi akbar yang yang bakal digelar, Selasa (18/7). Itu untuk memberikan gambaran prosesi ibadah haji di tanah suci nantinya.

“Setelah manasik kemarin, kita akan tambah lagi dengan simulasi di Asrama Haji Lepo-Lepo. Supaya jamaah kita siap maksimal dan tidak kebingungan. Rencananya hari Selasa, pekan depan simulasinya,” kata Sunardin, Jumat (14/7).

Selain simulasi, Kemenag Kota Kendari juga sudah menuntaskan urusan paspor calon haji. Sudah 100 persen tuntas. Saat ini, tinggal pengurusan visanya di Jakarta. Begitu pun dengan pemeriksaan kesehatan. Bahkan dari 669 jamaah, hanya lima orang yang belum melakukan vaksinasi meningitis. Lima orang ini, satu meninggal dunia, pasangan suami istri yang urung berangkat haji, satu orang sakit dan satu orang tanpa keterangan.

“Untuk penerbangan sudah klop juga. Bisa dibilang persiapan kita sudah 95 persen. Minggu ini kita juga sudah bagikan koper seluruh jamaah. Pokoknya target kita, lebih baik dari penyelenggaraan haji 2016,” tambah Sunardin.

Untuk kelompok terbang (Kloter), calon haji dibagi dalam dua kloter, yakni 19 dan 20. Kloter 19 diisi 450 calon haji. Semuanya berasal dari Kota Kendari dan kloter 20 sebanyak 225 jamaah asal Kendari akan bergabung dengan jamaah kabupaten lain. “Jadi total jamaah reguler itu sebanyak 669, hanya saja ditambah dengan pendamping sepuluh orang, jadi totalnya 685,” tukasnya.

Sunardin mengimbau jamaah untuk menjaga kesehatan agar dapat berangkat dengan kondisi fisik prima. “Jangan banyak aktivitas yang tidak penting. Persiapkan fisik untuk keberangkatan saja,” pungkasnya. (Alfin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top