Jumlah Komputer Tak Cukup, Tes SMMPTN UHO Masih Belum Jelas – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Jumlah Komputer Tak Cukup, Tes SMMPTN UHO Masih Belum Jelas

LM Ridzky Syuhada/Kendari Pos
Pendaftar jalur SMMPTN 2017 memanfaatkan layanan informasi yang disiapkan pihak Universitas Halu Oleo, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Panitia Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Universitas Halu Ole (UHO), belum bisa menetapkan jadwal tes seleksi mandiri itu. Ujian yang sempat tertunda karena kendala teknis hingga kini masih menunggu penambahan jumlah komputer.

Hal itu dijelaskan Kepala Bagian (Kabag) Humas UHO, La Ode Maulid, M.Si., Jumat (14/7). “Sampai kini belum ditetapkan jadwal lagi karena menunggu ketersediaan komputer. Mengingat tesnya berbasis komputer atau computer based test. Tidak ada ujian tertulis,” jelas Maulid.

Menurut dia, kendala teknis terjadi karena pendaftar di jalur tersebut melampaui tafsiran panitia. Membludaknya pendaftar mengharuskan tesnya harus ditunda karena komputer yang disiapkan tidak cukup. Oleh karena itu, pihaknya mesti melakukan penambahan jumlah komputer serta ruangan sebagai fasilitas tes yang paling krusial.

“Panitia tidak mengira kalau pendaftar mencapai 10 ribuan lebih. Perkiraannya paling tinggi 5 ribu pendaftar, ternyata jauh melebihi jumlah itu. Hal itu membuat daya tampung untuk kelas tidak cukup. Padahal UHO hanya menerima kurang lebih empat ribuan saja. Sementara,jumlah komputer yang sedia digunakan hanya sekitar 500-an saja,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, salah satu langkah yang ditempuh dengan meminta bantuna di beberapa sekolah yang ada di Kota Kendari ini, dalam hal ini untuk peminjaman ruangan dan komputer. “Kami target 10 sekolah, tetapi yang baru menyetujui dan sudah kita tinjau lokasinya, baru tiga sekolah, yaitu SMKN 1Kendari, SMAN 4 Kendari dan SMKN 2 Kendari,” beber Mantan Bendahara PNBP ini.

Ia pun menegaskan, penundaan ujian tidak ada kaitannya dengan polemik yang sedang terjadi di kampus hijau itu. Hanya karena peminat yang melebih dugaan awal sehingga belum bisa dijadwalkan sebelum rampung secara keseluruhan. “Sama sekali tidak ada hubungannya dengan demo atau apapun itu. Buktinya, peminat kami masih banyak. Kami juga mengimbau agar calao mahasiswa baru pada jalur SMMPTN ini tetap sabar menunggu. Kami akan upayakan secapatnya untuk melakukan tes,” tukasnya.

Adapun kesiapan komputer, saat ini sudah mencapai 70 persen. Sebenarnya, kesiapan administrasi lain sudah selesai tinggal ruang dan komputer saja yang belum tuntas. Sebelumnya, telah dijadwalkan ujian digelar pad 13 dan 14 Juli. Namun karena kekurangan komputer harus ditunda sampai kesiapan benar-benar matang.

“Kemarin kalau kita paksakan pelaksanaannya, bisa memakan waktu sampai 5 hari baru selesai. Itupun sudah akan menggunakan siatem shift. Inikan tesnya berbasis komputer semua, jadi tidak ada lagi paper test. Tes diupayakan secepatnya dalam bulan ini. Semoga Senin depan kita sudah bisa berikan kejelasan soal jadwal,” tutupnya. (ima/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top