Dianggap Sarang Teroris, Kemenkominfo Blokir Telegram – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

Dianggap Sarang Teroris, Kemenkominfo Blokir Telegram

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah meminta Internet Service Provider (ISP) untuk memblokir sebelas Domain Name System (DNS) milik Telegram. Pemblokiran tersebut dinilai harus dilakukan dan mendesak.

Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan mengungkapkan, layanan chat Telegram kerap digunakan teroris dalam bertukar informasi. Banyak kanal yang ada di Telegram bermuatan propaganda radikalisme, terorisme, paham kebencian, ajakan atau cara merakit bom, cara melakukan penyerangan, disturbing images, dan lainnya.

“Layanan itu bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Sementara ke-11 DNS yang diblokir adalah sebagai berikut: t.me, telegram.me, telegram.org, core.telegram.org, desktop.telegram.org, macos.telegram.org, web.telegram.org, venus.web.telegram.org, pluto.web.telegram.org, flora.web.telegram.org, dan flora-1.web.telegram.org.

Dampak pemblokiran ini adalah tidak bisa diaksesnya layanan Telegram versi web (tidak bisa diakses melalui komputer). Sedangkan untuk Telegram versi aplikasi smartphone masih bisa digunakan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga akan diblokir dalam waktu dekat.

Layanan pesan chat Telegram ini, menurut Samuel, dapat membahayakan keamanan negara karena tidak menyediakan Standard Operating Procedure (SOP) dalam penanganan kasus terorisme. Sementara pemblokiran dilakukan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saat ini kami juga sedang menyiapkan proses penutupan aplikasi Telegram secara menyeluruh di Indonesia apabila Telegram tidak menyiapkan SOP penanganan konten-konten yang melanggar hukum dalam aplikasi mereka,” pungkas Samuel. (cr1/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top