Capai Angka 44,34 Persen, Serapan Anggaran Pemkot Kendar Memuaskan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Capai Angka 44,34 Persen, Serapan Anggaran Pemkot Kendar Memuaskan

Susanti

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari mencatat serapan anggaran yang tergolong memuaskan pada semester I tahun 2017. Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari mencatat serapan anggaran mencapai angka 44,34 persen dari APBD Kota Kendari sebesar Rp 1,2 triliun.

Kepala BPKAD Kota Kendari, Susanti mengungkapkan persentase tersebut tergolong wajar. Pasalnya, pola realisasi anggaran pada triwulan satu dan dua biasanya hanya pada sektor administrasi dan pengeluaran umum. “Pengeluaran operasional dan gaji pegawai. Kalau proyek fisik masih beberapa yang berjalan dan sudah mengambil uang muka,” ujar Susanti, Jumat (14/7).

Serapan anggaran diprediksi akan meningkat drastis pada triwulan III. Proyek fisik dinilai sektor yang paling besar menyerap anggaran. “Naik drastis itu ketika proyek sudah jalan. Kita perkirakan sekitar Agustus dan September nanti,” ungkap Susanti.

Saat ini Pemkot baru mencatat belanja senilai 30,20 persen. Nilai tersebut hanya untuk keperluan belanja pegawai dan belanja umum daerah. “Itu sudah termasuk gaji 13 dan 14 yang kita bayarkan,” katanya. Untuk pendapatan daerah sudah mencapai 40 persen. Hal itu berdasarkan pemasukan dari berbagai sektor yang ada. “Misalnya pendapatan asli daerah (PAD) dan dana alokasi umum (DAU). Kita anggap juga bagus,” tukas Susanti.

Secara umum, Susanti optimistis serapan anggaran 2017 ini akan memenuhi target yang sangat memuaskan. Untuk itu, serapan APBD tetap diupayakan terserap maksimal. “Paling tidak menyamai serapan tahun 2016 yang mencapai 87 persen, karena itu akan jadi indikator pelaksanaan pembangunan berjalan sesuai perencanaan,” pungkasnya. (Alfin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top