Siswa Baru di Kendari Tidak Merata, PPDB Tahap II Gunakan Sistem Blok – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Siswa Baru di Kendari Tidak Merata, PPDB Tahap II Gunakan Sistem Blok

Waode Ismawati/Kendari Pos
Suasana PPDB tahap II yang dilaksanakan di Sekretariat Dikmudora Kota Kendari, Kamis (13/7).

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, melalui panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap II 2017, akan menggunakan sistem blok. Ini dilakukan akibat terjadinya penumpukkan di salah satu sekolah, khususnya jenjang SMP. Bahkan tak sedikit pendaftar yang dinyatakan lolos kembali melakukan pendaftaran tahap II yang ditutup, Kamis (13/7). Selain itu, masih ada pendaftar yang bertempat tinggal di luar zona sekolah yang ada di metro ini.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua PPDB Kota Kendari, Makmur Tote, saat ditemui di ruang kerjanya, kamis (13/7). “Seharusnya, kesempatan ini kami buka untuk calon siswa yang belum mendapatkan sekolah. Dalam hal ini, sesuai dengan data kami sebanyak 618 orang. Kenyataanya, biar yang sudah lolos kembali mendaftar lagi di sekolah yang dia inginkan. Hingga pendaftaran ditutup sehingga jumlah pendaftar mencapai 682 orang,” jelas Makmur.

Untuk itulah, PPDB tahap II tetap menggunakan zonasi tetapi tidak 90 persen. Takutnya, ada pendaftar yang tidak tercover ditiga sekolah pilihannya, sehingga tidak dapat sekolah lagi. Pihak panitia menggunakan sistem blok. Artinya, pendaftar yang tidak terakomodir akan dicarikan sekolah terdekat dan sekolah yang masih belum terpenuhi kuotanya. Hal itu berdasarkan tujuan kebijakan pemerintah, semua anak bangsa harus bersekolah. Dengan adanya kebijakan dalam Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 17 Tahun 2017, PPDB 90 persen menggunakan sistem zonasi.

“Tujuan menggunakan blok supaya anak-anak di Kota Kendari ini semua bersekolah. Makanya, kita tidak bisa menerapkan sistem zona sepenuhnya, tetapi disesuaikan dengan kondisi. Sebab tidak semua masyarakat yang ada di Kota Kendari ini, berada dalam zona radius sekolah yang ada. Banyak juga yang jauh dari sekolah sehingga tidak masuk dalam zona. Nah ini lah yang kita gunakan sistem blok, mereka akan dicarikan sekolah terdekat dengan tempat tinggalnya,” ucapnya.

Lanjut Makmur, sekolah yang sudah terpenuhi kuotanya tetapi diberi kesempatan untuk membuka satu kelas baru, misalnya SMPN 1 Kendari, SMPN 2 Kendari, SMPN 4 Kendari dan SMPN 9 Kendari begitupun dengan yang lainnya. Tujuannya untuk mengakomodir, calon siswa yang berada di sekolah tersebut namun belum mendapatkan tempat di sekolah itu. “Makanya, sekolah-sekolah itu diberi kesempatan untuk membuka satu kelas baru. Berarti masih menerima 28 siswa baru lagi,” katanya.

Ia pun menyampaikan, pendaftar yang sudah lolos akan tetapi kembali mendaftar di tahap II, maka mereka tetap akan dikembalikan di sekolah dimana tempat mereka lolos di PPDB pertama. “Padahal sekolah tersebut hanya akan menerima 28 orang di tahap II ini. Berbeda dengan sekolah-sekolah yang masih belum cukup siswanya. Utamanya, sekolah-sekolah swasta yang masih kurang peminat. Insya Allah panitia langsung lakukan validasi dan verifikasi data secepatnya. Berhubung dilakukan secara manual jadi butuh waktu yang agak lama dari sebelumnya. Semoga Sabtu (15/7) mendatang, hasil PPDB tahap II sudah bisa kita umumkan,” ungkapnya.

Sesuai dengan kalender pendidikan, mulai 17 Juli semua siswa baru sudah masuk sekolah. Kegiatan awal sebelum mengikuti proses pembelajaran, akan mengikuti masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Tujuannya, agar seluruh satuan pendidikan yang ada di Kota Lulo ini mengenali semua potensi siswanya barunya. Selain mengenalkan tata tertib sekolah dengan menanamkan karekter melalui pendidikan karakter. (ima/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top