Memberi adalah Jalan Menerima, Oleh : Slamet Ristanto – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolom

Memberi adalah Jalan Menerima, Oleh : Slamet Ristanto

KENDARIPOS.CO.ID — Di media sosial facebook saya pasang status ”Berpikir selalu menerima tidak bisa memberi. Tetapi berpikir selalu memberi akan menerima lebih banyak!” Komentar pun beraneka ragam. Ada yang setuju, ada yang memberikan jempol dan ada yang malah balik bertanya, ”Bagaimana bisa memberi kalau tidak menerima terlebih dahulu? Kalau sudah menerima baru bisa memberi!”

Pikiran kita akan menentukan tindakan kita. Dalam hidup ini ada hubungan sebab akibat. Ada hukum tabur tuai. Bahkan seperti menabur benih hanya satu butir saja bisa tumbuh dan berkembang hingga berbutir, berpuluh butir, ratusan butir hingga ribuan butir.

Bayangkan! Satu orang yang memberikan seulas senyum bisa membuat keindahan dan kehangatan suasana yang menular ke seantoro lingkungan. Orang-orang akan semakin dekat dengannya dan membuat semuanya menjadi lebih mudah bukan?

Berbeda dengan orang yang untuk tersenyum saja berhitung untun rugi memberikan senyum terlebih dulu pasti kesulitan mendapatkan atau menerima senyum dari banyak orang.

Mungkin orang lain akan menjauhinya karena menilai pilih kasih dan sombong. Karyawan yang memberikan banyak kontribusi bagi perusahaan tentunya lebih dipilih untuk menerima benefit dan jenjang karir lebih baik dibanding karyawan yang hobi menuntut hak tetapi malas memenuhi kewajiban apalagi memberi lebih bagi perusahaan.

Kantor-kantor perusahaan terutama di bidang jasa yang fasilitas kantor dan karyawannya memberikan service yang baik kepada pelanggan pasti akan menjadi pilihan para pelanggan dan ramai dikunjungi. Demikian pula sebaliknya jika buruk pelayanannya. Orang yang selalu berpikir menerima banyak penulis temukan.

”Saya juga ingin menjadi penulis seperti Pak Slamet. Berapa sih pak royalti menulis buku? Terus kalau sebagai kolumnis berapa dapetnya?” Penulis biasa hanya menjawab: ’menulis saja dulu baru bicara fulus. Karena kalau bicara fulus terlebih dulu tidak akan menulis dan berkarya,”

Para pembaca Kendari Pos yang penulis hormati. Apapun profesi dan bidang kita marilah memberikan yang terbaik karena semua akan kembali kepada kita. Selalu berpikir memberi akan menerima. Tetapi selalu berpikir menerima sering berujung tak akan memberi apa-apa buat sekeliling kita. Udah gitu aja. Semoga menginspirasi. Salam GrowinG! (Twitter: Penyair Finansial @SlametRistanto) dan IG: penyair_finansial/Slamet Ristanto)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top