Jaksa Sugeng Resmi Tinggalkan Sultra, Hari Ini, Sertijab Kajati di Kejagung – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Jaksa Sugeng Resmi Tinggalkan Sultra, Hari Ini, Sertijab Kajati di Kejagung

Sugeng Djoko Susilo.

KENDARIPOS.CO.OD — Pengabdian Sugeng Djoko Susilo di Sultra sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra yang sudah ia lakoni hampir dua tahun resmi berakhir. Hari ini (14/7), tepat pukul 09.00 Wita, ia dijadwalkan melepas komando kejaksaan di Sultra untuk diserahkan ke penggantinya, Azhari, SH,MH. Serah terima jabatan (Sertijab) itu akan digelar di gedung bundar, Kejaksaan Agung (Kejagung) yang dipimpin langsung oleh Kajagung RI HM. Prasetyo.

Wakajati Sultra, Hj Masnaeny Jabir SH saat ditemui Kendari Pos usai memimpin ucapara pembukaan Pekan Olah Raga (POR) menyambut Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke 57, membenarkan hal itu. Agendanya, setelah Sertijab, Senin (17/7) nanti, Kajati baru akan datang ke Sultra untuk melihat seluruh jajaran yang akan dipimpinnya nanti. “Hari Senin Kejati baru mau datang, tapi belum bertugas masih melihat kondisi kantor dulu dan seluruh karyawan,” tuturnya.

Wakajati Sultra menjelaskan, nantinya akan dilaksanakan acara pisah sambut antara Kajati baru, Azhari, SH,MH yang sebelumnya menjabat sebagai Wakajati Jambi dan Kajati lama Sugeng Djoko Susilo, SH,MH yang kini punya tugas baru menjadi Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda bidang pengawasan (Jamwas) Kejagung. “Pisah sambut nanti Rabu (19/7). Nanti setelah pisah sambut, Kajati baru akan resmi melaksanakan tugasnya,” harap jaksa perempuan ini.

Kepindahan Sugeng Djoko Susilo meninggalkan catatan prestasi dan kesan baik dari mitra kerjanya di Komisi I DPRD Sultra. Ketua komisi ini, Taufan Alam memberikan apresiasi tinggi terhadap kinerja Djoko Susilo semasa menjabat sebagai Kajati Sultra. “Terlebih dahulu saya mengucapkan selamat bertugas kepada Kajati Sultra yang baru. Kemudian, selamat jalan Kajati lama. Mudah-mudahan di tempat tugas baru bisa mempertahankan semangat dan tetap dapat menorehkan prestasinya,” kata Taufan Alam saat dihubungi via selulernya, di Kendari, kemarin (13/7).

Politisi Demokrat ini juga menjelaskan bahwa dalam kurun waktu dua tahun terakhir kinerja Kajati Sultra terus menunjukan hal positif. Dalam hal penanganan kasus, Kejati Sultra dibawah kempimpinan Djoko Susilo memberikan kesan positif. “Misalnya saja kasus percetakan sawah di Muna. Kasus tersebut betul-betul serius dituntaskan. Sekali pun, tersangka sudah masuk. Namun, jika ada bukti baru dan ada orang lain ikut terlibat meski dalam waktu sudah sekian lama tetap terproses,” ungkapnya.

Anggota Badan Legislasi DPRD Sultra ini juga mengatakan bahwa, dari penangangan kasus tersebut, integritas Djoko soal kesan tebang pilih berhasil ditepisnya. “Integritas dalam penanganan kasus dan tidak tebang pilih berhasil diciptakan oleh Kajati lama. Oleh karenanya, DPRD Provinsi sekali mengucapkan selamat atas apa yang dicapai di Sultra,” tuturnya.

Selain itu, legislator dapi Muna-Buton Utara ini juga mengharapkan Kajati Sultra yang baru dapat mempertahankan kinerja Kajati sebelumnya. “Prestasi Kajati lama begitu bagus, kemudian komunikasi beliau ke DPRD dan pemerintah daerah juga berjalan bagus. Kami harap Kajati yang baru juga dapat seperti itu, dimana komunikasi sosial sesama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda) berjalan dengan baik,” ujarnya.

Kesan yang sama terhadap mantan Kajati Sultra Djoko Susilo disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Sultra Afiruddin Mathara. Afiruddin mengungkapkan bahwa dalam hal penegakan hukum, Djoko Susilo berhasil menuntaskan tugas-tugasnya sebagai Kajati Sultra, khususnya dalam hal pemberantasan korupsi.

“Beliau berhasil menuntaskan perkara-perkara korupsi. Beliau berhasil melakukan komunikasi, alhasil Kajari seluruh daerah terkesan berlomba untuk mengungkap perkara-perkara korupsi di daerah,” ujarnya. Dirinya pun mengaku tak memiliki kritik terhadap kinerja yang dilakukan oleh Djoko Susilo. “Karena saya tidak melihat satu pun polemik yang tercipta di Kejaksaan dibawah kepemimpinan beliau. Kerja-kerja dalam pemberantasan korupsi berjalan baik,” katanya.

Afiruddin juga menjelaskan bahwa, kinerja baik Djoko Susilo juga dapat dilihat dari penanganan kasus. “Terutama dalam penanganan kasus ada peningkatan. Secara statistik saya tidak bisa menjabarkan berapa kasus yang berhasil ditangani. Itu hanya berdasarkan pengamatan saya sebagai mitra kerjanya,” tuturnya.

Ia pun mengucapkan selamat jalan dan sukses dalam tempat tugas yang baru. Ia berharap agar kesan tebang pilih jangan lagi ada di Kejati Sultra. Itu tidak elok dimata publik. Paling tidak Kajati yang baru ini bisa mempertahankan kinerja dan prestasi yang berhasil diciptakan oleh Kajati yang lama. (yog/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top