Tujuh Faktor Penyebab Sakit Kepala – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kesehatan

Tujuh Faktor Penyebab Sakit Kepala

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Bangun tidur seharusnya kamu merasa segar dan berenergi. Namun yang muncul justru sakit kepala yang menyiksa. Kira-kira apa yang jadi sebabnya? Dilansir dari prevention.com, ini alasan kenapa kamu sering mengalami sakit kepala di pagi hari.

Kurang tidur. Tubuh butuh waktu tidur 7-8 jam per hari agar berfungsi normal. Saat waktu tidurmu kurang, maka akan timbul kekacauan hormon yang kemudian membuat denyut jantung dan tekanan darah meningkat sehingga bisa menyebabkan sakit kepala.

Terlalu banyak tidur. Kurang tidur bikin pusing, begitu pula jika kamu kebanyakan tidur. Saat kamu tidur lebih dari 9 jam per hari akan terjadi penurunan hormon serotonin di otak. Dan rendahnya hormon serotonin bisa mengurangi aliran darah ke otak dan kemudian memicu sakit kepala.

Rendahnya hormon endorfin dalam tubuh. Titik terendah hormon endorfin terjadi di pagi hari. Dan rendahnya tingkat endorfin kemudian mempengaruhi neurotransmitter lainnya seperti serotonin. Pembuluh darah di otak lalu menyempit dan mengurangi aliran darah ke otak yang bisa memicu sakit kepala.

Mendengkur saat tidur. Mendengkur seperti gergaji yang terlalu keras bisa menjadi tanda dari sleep apnea. Kemudian kamu bisa tersedak, tersengal, dan untuk sementara bisa berhenti bernapas. Hal ini bisa mengurangi masuknya oksigen di otak dan menyebabkan pusing.

Terlambat minum kopi. Kafein yang terkandung dalam kopi adalah zat yang bisa merangsang sistem saraf. Jika kamu seorang peminum kopi yang teratur dan kemudian tiba-tiba tidak meminum kopi, perubahan ini bisa membuat sakit kepala muncul. Sebabnya penarikan kafein akan menyebabkan meluasnya pembuluh darah di otak sehingga akan muncul lebih banyak darah yang mengalir di otak dan memberikan tekanan yang lebih banyak yang berakhir dengan pusing.

Depresi. Sakit kepala karena depresi bisa saja terjadi. Sebab saat kamu depresi, maka kadar hormon serotonin menurun dan memicu munculnya sakit kepala.

Hipertensi. Jika tekanan darahmu lebih dari 140/90 mm Hg, maka waspadalah dengan serangan sakit kepala yang terjadi di pagi hari. Namun efek buruk ini bisa kamu cegah dengan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. (feb)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top