PPDB Tahap II Kota Kendari Masih Terapkan Sistem Zonasi, Pendaftaran Berakhir Hari Ini – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

PPDB Tahap II Kota Kendari Masih Terapkan Sistem Zonasi, Pendaftaran Berakhir Hari Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Kendari telah merilis data calon siswa yang belum mendapatkan kursi. Data itu, tercatat masih ada 618 calon siswa SMP dan 188 calon murid SD. Olehnya itu, setelah hasil penerimaan tahap awal diumumkan pada 9 Juli lalu, PPDB kembali membuka tahap II untuk mengakomodir calon peserta didik baru tersebut.

Pasalnya, PPDB tahap II itu tetap masih menggunakan sistem zonasi. Pendaftarannya, sudah dibuka sejak 12 Juli dan berakhir hari ini, 13 Juli. Hal itu mengacu pada ketentuan dalam Permendikbud Nomor3 Tahun 2017 dan Prosedur Operasional Standar (POS) PPDB 2017/2018.

Hal itu telah dijelaskan Ketua PPDB Kota Kendari, Makmur Tote.
“Pada pendaftaran lalu, masih banyak pendaftar yang mendaftar di luar zona atau domisilinya sehingga tidak bisa terakomodir. Selain itu, mereka juga mengejar sekolah favorit sehingga menumpuk disatu tempat. Misalnya, SMPN 1 Kendari, SMPN 4 Kendari dan SMPN 9 Kendari,” ungkap Makmur di ruang kerjanya, Rabu (12/7).

Pada tahap II, lanjut Makmur, mekanismenya hampir sama dengan sebelumnya. Setiap pendaftar diberi kesempatan untuk memilih tiga sekolah berdasarkan zonanya. Dia pun menegaskan, jangan lagi mengejar sekolah yang dianggap favorit seperti sekolah yang telah disebutkan diatas. Harus diketahui, semua sekolah masih membuka pendaftaran utamanya yang belum terpenuhi daya tampungnya. “Bahkan masih sangat kurang, misalnya SMP Satap Baruga baru satu orang, SMP Satap Mandonga belum punya siswa baru, SMP Oikumene baru enam orang, SMP Hasrati tiga orang, SMP Satria 14 orang. Kemudian SMPN 19 Kendari baru ada 11 orang siswa barunya,” paparnya.

Kata dia, ditahap pertama memang minat masyarakat untuk bersekolah di sekolah swasta masih minim. Hal itu dibuktikan dengan sejumlah sekolah swasta tersebut yang tercukupi kuotanya. Sementara untuk SD, tercatat beberapa sekolah yang belum mendapatkan murid baru sama sekali. Misalnya, SDN 13 Kendari Barat, SDN 15 Kendari Barat, SDN 17 Kendari Barat, SDN 19 Kendari Barat, SDN 11 Kendari, SDN 22 Mandonga, SDN 02 Abeli, SDN 12 Abeli dan SDS Hidayatullah Kendari. “Harapannya, 188 calon pendaftar yang mendaftar ditahap II, bisa terdistribusi di sekolah-sekolah yang belum punya peserta didik baru itu.

Koordinator Pengawas Dikmudora Kota Kendari itu menambahkan sekolah yang sudah tercukupi kuotanya tetap masih membuka pendaftaran. Terutama jenjang SMP negeri, seperti SMPN 1 Kendari, SMPN 2 Kendari, SMPN 4 Kendari, SMPN 5 Kendari, SMPN 9 Kendari dan SMPN 12 Kendari. Akan tetapi, sangat dibatasi hanya boleh membuka satu rombongan belajar (rombel) saja.

“Jangan lagi menyerbu sekolah-sekolah itu. Kenapa harus buka lagi karena kami ada anak-anak disekitar sekolah itu belum tercover. Satu ruang kelas baru itu hanya untuk anak-anak disekitar sekolah. Kami imbau masyarakat tetap mendaftarkan anaknya di sekolah terdekat dengan rumah dibuktikan dengan kartu keluarga sebagai penentuan zonasi. PPDB tahap II ini akan kita umumkan pada 15 Juli,” pungkas Makmur. (ima/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top