Distransnaker Siapkan Lima Wakil Sultra Ikuti Asean Skill Competition XII – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Distransnaker Siapkan Lima Wakil Sultra Ikuti Asean Skill Competition XII

Saemu Alwi memantau pelaksanaan ASC di kejuruan instalasi listrik

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk melahirkan angkatan kerja muda berkualitas tentu harus melalui proses asah dan asuh yang sangat mumpuni. Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Sultra menetapkan lima wakil yang bakal maju ke Asean Skill Competition (ASC) XII tingkat nasional di Jakarta. Jika lolos, wakil Sultra akan berlaga di Thailand.

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sultra, H. Saemu Alwi mengatakan, kelima peserta telah lolos seleksi mengalahkan 45 peserta di lima bidang keahlian, yakni pasang bata (bricklaying) dijuarai oleh Setiawan (UHO), membuat perabot kayu (cabinet making) dimenangkan oleh Ramadan Purnama (SMKN 4 Kendari), instalasi listrik (electrical installation) oleh Ichwan Wicaksono (BLK Kendari). Sedangkan teknologi fashion (fashion technology) oleh Hilda Yesinta dari Rumah Jahit Avika dan merancang website (web design) oleh Artono Dwi Ramadhan dari UHO.

“Ini diharapkan bisa mendorong mereka untuk terus benahi diri meningkatkan kapasitas, keterampilan dan profesinya. Karena dunia kerja menuntut skill lebih, makanya tenaga kerja harus profesional,” ujar Saemu Alwi. Menjadi juara, menurut Saemu Alwi, bukan akhir melainkan gerbang permulaan. Makanya, latihan harus diintensifkan dan ia siap memantau langsung proses pembinaan lima wakil Sultra itu.

Kabid Pembinaan, Pelatihan Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja serta Perluasan Kesempatan Kerja Distransnaker Sultra, Martha S. Hutapea mengakui untuk menumbuhkan daya saing angkatan kerja muda Sultra bukan sesuatu yang sederhana. Harus ada trik jitu yang dijalankan. Salah satunya, aktif mengikutsertakan mereka dalam berbagai kompetisi seperti yang saat ini tengah berjalan.

“September nanti mereka menjadi delegasikan Sultra ke ASC tingkat nasional. Jika lolos akan ditraining menuju tingkat Asean tahun depan. Jadi masih ada waktu untuk mengasah kemampuan, ini harus dimanfaatkan secara maksimal,” kata Martha.

Kasubdit Pengembangan, Penyelenggaraan dan Evaluasi Kerja Direktorat Stankomlatker Kementerian Tenaga Kerja, Subandi, sejatinya ada 20 bidang kejuruan yang tersedia di ASC. Artinya, masih ada 15 bidang yang belum dicoba oleh angkatan kerja muda Sultra. “Ini harus dicoba dan kalau bisa kesempatan juga diberikan kepada anak-anak kita yang berada di daerah. Jadi semua punya kesempatan yang sama,” sarannya.

Adapun proses seleksi untuk menemukan satu yang terbaik dari Bumi Anoa dilakukan di beberapa lokasi berbeda mulai tanggal 10-12 Juli. Yakni, web design di Fakultas Teknik UHO, bricklaying dan cabinet making di SMKN 2 Kendari, electrical installation di Balai Latihan Kerja Kendari, lalu fashion technology di SMKN 3 Kendari. (feb/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top