Disdukcapil Kendari Butuh 232.500 Blangko e-KTP – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Disdukcapil Kendari Butuh 232.500 Blangko e-KTP

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capilduk) Kota Kendari membutuhkan sekira 232.500 blanko KTP elektronik (e-KTP). Jumlah itu untuk memenuhi permintaan pencetakan KTP masyarakat yang kini berusia wajib memiliki kartu identitas penduduk tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Disdukcapil Kota Kendari, H.Halili. Dikatakannya, jumlah blangko itu untuk mengganti e-KTP milik masyarakat baik yang sudah usang, perubahan data maupun pembuatan baru. “Data itu sejak 2011 sampai Desember 2016. Itu kalau mau diganti semua,” ujarnya.

Soal banyaknya kebutuhan blangko tersebut, Halili menjelaskan jumlah tersebut dihitungnya untuk kebutuhan secara keseluruhan. Sementara untuk kebutuhan mendesak, pihaknya membutuhkan sekira 10 ribuan blangko. “232 ribu itu kalau kita ganti semua sesuai permintaan masyarakat. Makanya kita berlakukan skala prioritas,” katanya.

Skala prioritas diberlakukan karena ketersediaan blangko yang sangat terbatas. April lalu, Disdukcapil Kota Kendari hanya menerima 8.000 blanko dari usulan sebanyak 10.000 kepada Kementerian Dalam Negeri. “Makanya yang diutamakan yang melakukan perekaman duluan atau pada akhir tahun lalu. Sedang yang awal tahun sampai sekarang kita siasati dengan surat keterangan (Suket) dulu,” tukasnya.

Selain kekurangan blangko, Disdukcapil juga belum bisa melakukan perekaman data kependudukan akibat kebijakan data tunggal di Kemendagri. “Sampai sekarang untuk suket saja totalnya sudah empat ribuan akibat penunggalan. Kita belum bisa cetak, karena sedang diproses disana,” paparnya.

Untuk itu, proses percetakan yang dapat dilakukan Disdukcapil hingga saat ini hanya untuk suket yang melakukan perekaman hingga sebelum 15 November 2016. Itu pun mengandalkan blangko yang terbatas. “Dari 8.000 blangko tadi, kita baru cetak kurang lebih empat ribuan. Sekarang masih menunggu dari Kemendagri,” tutupnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top