BI Sultra Edarkan Rp 300 Miliar Uang Emisi Baru – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

BI Sultra Edarkan Rp 300 Miliar Uang Emisi Baru

L.M. Bachtiar Zaadi,
Deputi KPw BI Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga saat ini, uang emisi 2016 yang beredar di Sultra telah mencapai Rp 300 miliar atau 89 persen, karena sejatinya Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sultra telah 2 kali menerima stok uang emisi baru yang jumlah totalnya mencapai Rp 336 miliar. Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Manajemen Intern dan Sistem Pembayaran KPw BI Sultra, L.M. Bachtiar Zaadi.

Lanjutnya, sisa saldo uang emisi baru yang belum didistribusikan tinggal Rp 36 miliar karena disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Sambil menunggu keputusan menarik uang lama, proses konversi dilakukan secara bertahap. “Sebelum Ramadan, Rp 53 miliar uang emisi tahun 2016 yang beredar, dan jumlahnya meningkat tajam saat menjelang lebaran,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melayani penukaran di BI maupun kas keliling dalam dan luar kota. Sebanyak Rp 500 juta disiapkan untuk 1 kali perjalanan dalam kota dan Rp 1 miliar untuk perjalanan ke luar Kota Kendari.

Adapun proyeksi Rp 1,7 triliun (uang lama maupun emisi baru) yang akan dikeluarkan demi mengisi kebutuhan masyarakat Sultra selama periode Mei-Juni telah tercapai dengan sempurna. Jika dirinci, pada bulan Mei BI mengedarkan Rp 500 miliar dan selama Ramadan sejumlah Rp 1,2 triliun (per 30 Juni). Normalnya, dalam 1 bulan, BI hanya menyiapkan Rp 300-400 miliar untuk didistribusikan. “Mengapa di bulan Ramadan lebih banyak uang beredar. Karena Ramadan diyakini sebagai bulan penuh berkah sehingga orang berbondong-bondong mengeluarkan sedekah ataupun bagi-bagi angpao saat hari raya,” kata Bachtiar.

Perkiraan cairnya gaji 13 dan 14 di periode Mei-Juni menjadi alasan BI menyediakan stok lebih untuk masyarakat. Untuk Kota Kendari, seluruh bank mendapat suplai, selain kantor kas titipan di Kabupaten Kolaka dan Kota Baubau. Menurutnya, ujung tombak untuk sampai ke masyarakat adalah via perbankan makanya sudah didistribusikan ke seluruh bank sesuai porsinya masing-masing. (feb/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top