Aset SMA di Sultra Segera Didata Ulang – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Aset SMA di Sultra Segera Didata Ulang

Damsid, Kepala Dinas Dikbud Provinsi Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Aset-aset gedung sekolah khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi salah satu dari tiga catatan penting oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sultra dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Sultra tahun 2016. Dalam catatan BPK itu dituliskan masih banyak aset SMA yang belum dimasukkan dalam LKPD itu. Bahkan jika tak segera diperbaiki maka WTP yang sudah diraih Pemprov empat kali berturut-turut bisa terancam.

Ditanya terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, H. Damsid tidak membantah jika data aset SMA belum tertib.
Alasannya, penyerahan aset dari pemerintah kabupaten ke provinsi baru dilakukan akhir tahun 2016, sehingga waktu untuk melakukan verifikasi data itu cukup singkat. Selain itu juga, format pendataan aset itu merujuk pada format yang dibuat Kementerian Dalam Negeri.

Ternyata format itu berbeda dengan format versi BPK. “Waktu kita data pakai format Kemendagri, ternyata berbeda dengan format KPK, ada dua format maksudnya. Kemudian juga waktu penyerahannya dari kabupaten itu baru tahun 2016,” jelas Damsid. Mantan Dekan Fisip UHO ini yakin tidak akan ada masalah yang sama di tahun 2017 . Apalagi, jika melihat ke daerah lain, baru sedikit daerah yang menyertakan laporan aset SMA dalam LKPD tahun 2016. “Karena kita sudah tahu dimana yang kurang, tinggal diperbaiki saja, kita akan data ulang dan membuat laporan aset yang lebih tertib,” lanjutnya.

Hal-hal teknis yang perlu diperhatikan kembali dalam pendataan ulang aset itu adalah dokumen sekolah berupa bukti aset untuk pembukuan. “Sekali lagi aset itu memang rumit, walaupun fisiknya kelihatan itu harus di dukung oleh dokumen pembangunannya,” tandasnya. (ely/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top