16 Kafilah STQ Sultra Bertolak ke Tarakan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

16 Kafilah STQ Sultra Bertolak ke Tarakan

Kontingen STQ Sultra Berpose bersama Sekkprov Sultra, Lukman Abunawas.

KENDARTIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi Sultra resmi melepas kafilah Seleksi Tilawatil Quran Tingkat Nasional. Acara pelepasan para ahli Alquran itu digelar di kantor Gubernur Sultra dan dipimpin Sekretaris Provinsi Sultra, Lukman Abunawas.

Sebanyak 16 kafilah bertolak menuju Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) hari ini. Mereka siap berlaga dan berkomitmen membawa pulang medali. Sekprov Sultra Lukman Abunawas tak ingin membebani peserta dengan raihan medali diajang nasional itu. Mantan Bupati Konawe dua periode itu hanya meminta agar peserta memberikan kemampuan terbaiknya saat tampil.

Sebab, selain mengincar predikat juara, peserta tak boleh lupa jika kegiatan tersebut adalah wujud syiar agama Islam. “Tampilkan saja yang terbaik. Soal hasil yang dicapai serahkan kepada Allah SWT. Kalian adalah yang terbaik karena juara di STQ tingkat provinsi, sekarang waktunya menunjukan yang terbaik di tingkat nasional,” ungkap Lukman Abunawas menyemangati para kafilah, Rabu (12/7).

Sekprov Sultra juga berbagi kunci dari kesuksesan itu dimulai dari niat yang kuat, tekad yang bulat dan usaha yang maksimal pula. “Ini sudah dilatih semua. Niatnya tolong diluruskan. Jaga nama baik pribadi, kontingen dan daerah,” pinta mantan Ketua Muhammadiyah Konawe itu.

Sementara itu salah satu pelatih STQ, Pranasesi memaparkan ada tiga cabang yang akan dilombakan di STQ ke 24 itu. Yakni cabang Tilawah Alquran golongan anak anak dan dewasa (putra dan putri), cabang hifzh Alquran golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz (putra dan putri) dan cabang tafsir Alquran (tafsir bahasa Arab, putra dan putri). “Alhamdulilah semua cabang itu kita ikut,” ujarnya.

Bila menang di Kaltara, kafilah Sultra akan mewakili Indonesia dalam ajang berlevel internasional yang biasanya digelar oleh negara-negara besar Islam seperti Turki, Arab atau Mesir. “Kita pernah sampai ke tingkat itu, tahun 2007 lalu. Mudah-mudahan kita bisa mengulangnya,” tambah Pranasesi.

Secara keseluruhan masih kata dia, kontingen Sultra lebih dari 100 orang. Selain peserta 16 orang, ada sekitar 30 orang pendamping. Selebihnya adalah penggembira. “Itu biayanya ditanggung oleh kabupaten dan kota masing-masing. Saya informasikan juga bahwa pada STQ tahun lalu kita juga masuk 10 besar. Tinggal kita tingkatkan lagi,” tandasnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top