Pendaftar 10.550 Orang, Tes SMMPTN UHO Jalur Mandiri Digelar Besok – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Pendaftar 10.550 Orang, Tes SMMPTN UHO Jalur Mandiri Digelar Besok

KENDARIPOS.CO.ID — Tes masuk melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Universitas Halu Oleo (UHO) bakal digelar, besok (13/7). Hingga penutupan pendaftaran kemarin, peserta yang akan ikut seleksi jalur mandiri tersebut sebanyak 10.550 orang. Padahal, kuota tersedia hanya 4.755 kursi.

Panitia SMMPTN sudah menjadwalkan, tes masuk akan digelar selama dua hari. Tesnya juga tidak lagi manual, tapi menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Mewakili panitia, Kepala Bagian (Kabag) Humas UHO, La Ode Maulid mengungkapkan, persiapan tes sudah mantap tinggal diselenggarakan saja.

“Tes jalur mandiri tahun ini sudah menggunakan komputer. Cara ini lebih efektif dan efisien,” kata La Ode Maulid, kemarin (11/7). Lanjut dia, jumlah pendaftar yang tercatat sebanyak 10.550 orang. Padahal, UHO hanya menyiapkan daya tampung sebanyak 4.755 kursi. Artinya, dijalur terakhir ini dipastikan masih banyak yang akan gagal untuk masuk di kampus favorit Sultra itu.

Lebih jauh Maulid menjelaskan, kuota tersebut tersebar di 17 fakultas dengan jumlah bervariasi. Kuota terbanyak ada di Fakultas Pertanian (Faperta) sebanyak 730, sedangkan paling kecil Fakultas Kedokteran hanya 24 orang. “Jadi, masing-masing fakultas hanya akan menerima calon maba sesuai daya tampungnya,” ujarnya.

Menyangkut tes, panitia sudah menyiapkan 400 lebih unit komputer. Untuk lokasi tesnya, selain di UHO juga meminjam gedung beberapa sekolah di Kota Kendari. Seperti SMAN 4 Kendari, SMAN 2 Kendari dan SMKN 1 Kendari. “Sebenarnya ada 10 sekolah sudah kita minta. Tapi yang sudah final baru tiga, selebihnya akan disampaikan besok (hari ini,red). Kami masih menunggu laporan dari berapa sekolah tersebut,” jelasnya.

Masih menurut Maulid, dalam sehari bakal gunakan 4 pergantian karena waktu tesnya hanya 90 menit saja per sift. Soal bentuk tes, lanjut dia, tidak berbeda dengan sebelumnya. Misalnya, ada tes kemampuan dasar Soshum (TKD Soshum) bagi kelompok soshum, tes kemampuan dasar Saintek (TKD Saintek) untuk kelompok saintek. Ditambah dengan tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA). “Bedanya penyelenggaraan serta pemeriksaan dilakukan UHO sendiri oleh tim pemeriksa yang telah dibentuk. Kalau passing grade ditentukan oleh masing-masing program studi (prodi) berdasarkan daya tampung yang dibutuhkan prodi itu,” terangnya.

Maulid menambahkan, mulai hari ini calon maba sudah mencetak kartu tes. Sebab kartu itu yang akan dibawa saat tes besok. Selain itu, juga akan dilakukan penetapan distribusi ruangan sehingga pendaftar langsung melakukan pengecekkan lokasi tes. “Saya imbau agar semua pendaftar meninjau lokasi sebelum tes. Ketika tes, calon maba cukup membawa bukti diri serta kartu tanda peserta tes. Semoga berjalan lancar dan saya berharap tidak ada kendala teknis dalam pelaksanaan seleksi mandiri ini,” tandasnya (b/ima)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top