Mesin Rusak, Cetak e-KTP di Disdukcapil Konut Terhambat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Utara

Mesin Rusak, Cetak e-KTP di Disdukcapil Konut Terhambat

Arif Yadi,
Kadisdukcapil Konawe Utara

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga sepekan mendatang, pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Konawe Utara (Konut) dipastikan mengalami keterlambatan. Kondisi tersebut disebabkan mesin cetak e-KTP mengalami kerusakan.

“Kalau untuk perekaman masih bisa dilakukan. Hanya kendalanya untuk mencetak itu yang tidak bisa. Karena mesinnya mengalami kerusakan,” ujar Kadisdukcapil Konut, Arif Yadi, Selasa (11/7). Kerusakan itu diakui sudah terjadi sejak seminggu lalu. Makanya Disdukcapil akan berangkat ke Kemendagri untuk meminta alat pencetakan e-KTP yang baru.

“Kalau kita cetak KTP mesinnya menggulung hingga melipat dan merusak kartu. Ini yang menjadi kendala. Makanya minggu ini saya akan ke Jakarta supaya alatnya diadakan,”ujar mantan Kabaghumas Sandi dan Telematika itu. Arif Yadi memastikan percetakan e-KTP kembali normal dipastikan satu minggu kedepan sudah bisa dituntaskan. Sehingga pelayanan sudah bisa dilakukan.

“Untuk pelayanan perekaman, kartu keluarga dan akte kelahiran masih dilakukan,”ujarnya. Dia menjelaskan untuk wajib e-KTP diwilayah Konut ada sekitar 44 ribu. Ditaksir ada 8000 yang belum melakukan perekaman dari 44 ribu wajib KTP. Tetapi kemungkinan akan ada penambahan wajib e-KTP sekitar 600 orang dari anak-anak SMA yang baru saja menamatkan pendidikan dibangku SMA. Pasalnya, saat mendaftarkan diri di perguruan tinggi hanya menggunakan surat keterangan (Suket). (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top