Lepas Mei Joni, Timnas Basket Sisa 14 Orang – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Olahraga

Lepas Mei Joni, Timnas Basket Sisa 14 Orang

PERSAINGAN KETAT: Para pemain tim basket putra Indonesia terus digembleng sebelum tampil di SEA Games Malaysia. (RASYIDAN/MAIN BASKET/JAWA POS)

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah pemain di timnas basket putra kembali berkurang. Seorang pemain tereliminasi dari skuad yang dipersiapkan untuk berlaga di SEA Games 2017 di Malaysia tersebut. Dengan 14 pemain pada pemusatan yang berlangsung di Batam, itu berarti tinggal dua pemain lagi yang harus dikurangi untuk memenuhi kuota pemain yang akan didaftarkan.

Wahyu Widayat Jati, pelatih timnas, menyatakan bahwa pihaknya harus berpikir keras untuk mendapatkan susunan pemain terbaik yang akan menghuni skuad inti SEA Games. Kemarin tim pelatih memutuskan untuk mencoret shooting guard Mei Joni. Alasannya, pelatih yang akrab disapa Cacing itu merasa komposisi shooter dalam skuadnya sudah lengkap. ”Status Mei Joni berubah menjadi mitra latihan saja,” ujarnya.

Mei Joni adalah salah satu di antara 15 pemain timnas yang mengikuti pemusatan latihan di Batam pada 29 Mei–3 Juni lalu. Namun, pemain yang musim lalu memperkuat Hangtuah Sumsel tersebut tidak masuk dalam daftar pemain timnas yang menjalani pemusatan latihan di Amerika Serikat pada 12–23 Juni. Saat itu permasalahan dana menjadi alasan utama Mei Joni ditinggal.

Dengan dicoretnya Mei Joni dari tubuh timnas, skuad Merah Putih saat ini dihuni 14 pemain. Di antaranya, Arki Dikania Wisnu, Hardianus, Christian Ronaldo Sitepu, Kevin Yonas, Vamiga Michel, Mario Wuysang, Sandy Febriansyakh, dan Firman Dwi Nugroho. Selain itu, ada Andakara Prastawa, Abraham Damar Grahita, Ebrahim Enguio Lopez, Vincent Kosasih, Diftha Pratama, dan Ferdinand Damanik.

Cacing menyampaikan, dirinya memang ingin memaksimalkan efektivitas serangan sebagai pola permainan timnas. Karena itu, dia memerlukan pemain yang bagus dalam pergerakan bola sekaligus memiliki tembakan akurat. Selain itu, pelatih yang mengarsiteki CLS Knights tersebut akan mengombinasikan pemain senior dan junior di timnas.

Cacing juga akan mengoptimalkan peran big man dalam permainan timnya. ”Untuk big man, saya tekankan untuk berani berduel. Jika dulu saat awal-awal berlatih masih ragu-ragu, saat ini mereka mulai berani adu fisik,” ungkapnya. Apalagi, Indonesia mewaspadai permainan Filipina yang sangat mungkin diperkuat Andray Blatche.

Suhadi, manajer timnas, mengungkapkan bahwa skuad Merah Putih hanya akan diperkuat 12 pemain. Saat ini dia merumuskan dua nama yang bakal dieliminasi selanjutnya. Setelah terpilih 12 orang pemain, mereka akan bertandang ke Lithuania untuk menjalani tryout selama dua minggu. ”Siapa nama pemain yang bakal dicoret, kami belum bisa memberi tahu lebih dulu. Yang jelas, anak-anak harus berusaha ekstrakeras untuk bisa terpilih masuk ke tim inti,” tandasnya. (tif/c16/ady)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top