JCH Sultra Dibagi Lima Kloter, 13 Agustus Mulai Berangkat Menuju Jeddah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

JCH Sultra Dibagi Lima Kloter, 13 Agustus Mulai Berangkat Menuju Jeddah

KENDARIPOS.CO.ID — Ribuan jamaah calon haji (CJH) Sultra mulai sibuk mengikuti berbagai kegiatan jelang keberangkatan mereka ke tanah suci. Saat ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra sudah mengirimkan dokumen paspor CJH untuk dibuatkan visa di Jakarta. Kemenag juga sudah membagi jamaah dalam lima kelompok terbang (Kloter). Mereka dijadwalkan bertolak dari Kendari pada 11 Agustus mendatang dan tiba di Jeddah Saudi Arabia dua hari setelahnya.

Kepala Seksi Umroh dan Haji Kanwil Kemenag Sultra, Hj. Wa Masi menjelaskan hal itu. Jumlah kloter tahun ini kata dia memang lebih banyak. Semula hanya tiga kloter, kini menjadi lima kloter. Itu dikarenakan bertambahnya kuota haji Sultra. “Sebelumnya jumlah JCH hanya sekira 1.600 orang, sekarang 2.000 lebih. Jadi wajar kalau kloternya bertambah,” ungkap Wa Masi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa(11/7).

Untuk empat kloter pertama merupakan gabungan JCH dari kabupatan/kota di Sultra. Sementara untuk kloter terakhir yang berjumlah 221 orang akan bergabung dengan JCH asal Sulsel. “Bergabung dengan kloter Makasar. Tapi tetap kita sertakan pendamping kloter, jadi tidak usah khawatir, petugas akan memberikan pelayanan terbaik,” janjinya.

Setiap calon jamaah sudah diinformasikan terkait kloter masing-masing berdasarkan daerahnya. Sambil menunggu rampungnya kelengkapan administrasi visa itu, lanjut dia, JCH kini mengikuti manasik di Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing, setelah sebelumnya manasik di tingkat kabupaten telah digelar sebanyak dua kali. “Di KUA yang ada jamaahnya, wajib menggelar manasik sebanyak 8 kali. Tetapi itu berlaku bagi KUA yang jumlah jamaahnya diatas 10 orang. Dibawah itu, kami anjurkan manasik di Kandepag-nya saja,” jelasnya.

Selanjutnya, CJH juga masih harus melewati tahap pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi. Untuk itu, Kemenag kabupaten/kota harus bekerjasama dengan dinas kesehatan setempat untuk memastikan kondisi jamaah siap berangkat dan menjalani berbagai prosesi haji di tanah suci. “Tapi itu nanti dinas kesehatan yang jadwalkan. Kalau kita pembekalan materi haji saja itu dengan administasi lain,” katanya.

Terkait jadwal keberangkatan juga sudah terjadwal. Kloter 19 akan meninggalkan Asrama Haji Lepolepo melalui Bandara Haluoleo Kendari menuju Bandara Sultran Hasanuddin Makasar dan masuk ke Embarkasih Makasar pada 12 Agustus. Sehari setelahnya akan menuju Jeddah. Demikian juga dengan kloter 20 akan masuk Asrama Haji Makasar 13 Agustus. Selanjutnya, 15 Agustus giliran kloter 21 yang masuk asrama. Selang sehari, kloter 22 dan 23 juga bersiap menuju Jeddah dari Bandara Sultan Hasanudin. (b/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top