DKP Sultra Bakal Mengasuransikan 1900 Nelayan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

DKP Sultra Bakal Mengasuransikan 1900 Nelayan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Risiko kecelakaan kerja bagi nelayan cukup tinggi. Berbagai bahaya selalu mengintai bahkan hingga kehilangan nyawa. Apalagi bila mereka masih menggunakan alat tangkap tradisional di tengah ancaman iklim yang tak menentu. Untuk menjamin kelangsungan hidup nelayan dan keluarga nelayan pasca kecelakaan, pemerintah memfasilitasi dengan mengikutsertakan dalam program asuransi.

Tahun ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra memproyeksikan sebanyak 1900 nelayan di Sultra akan diberikan kartu asuransi. Saat ini, DKP masih menunggu proses pencetakan kartu dimaksud oleh pemerintah pusat. Hal itu disampaikan Kepala DKP Sultra, Askabul Kijo saat ditemui di gedung DPRD Sultra, Selasa (11/7). “Tahun lalu, Alhamdulilah kita dapat 1900 lebih. Tahun ini kita usulkan segitu lagi (1900 nelayan),” ujar Askabul Kijo.

Dengan mengantongi kartu asuransi itu, maka nelayan yang mengalami kecelakaan di saat melaut ataupun tidak tetap akan mendapat santunan. Rinciannya, untuk kecelakaan di laut hingga menyebabkan kehilangan nyawa akan diberikan sebesar Rp 200 juta, sedangkan cacat akan dibayar sebesar Rp 100 juta. Sementara apabila meninggal di luar aktivitas menangkap ikan akan diberikan asuransi sebesar Rp 160 juta, cacat sebesar Rp 100 juta serta biaya perawatan Rp 20 juta.

Hanya saja, nelayan yang mendapatkan kartu asuransi tersebut adalah nelayan kecil yang mengoperasikan kapal pencari ikan dibawah 10 Gross Tonnage (GT). “Sebelum mengusulkan, kita lebih dulu mendata nelayan yang kurang mampu itu,” katanya.

DKP bekerjasama dengan PT. Jasindo kata Askabul sudah beberapa kali membayarkan santunan itu pada nelayan yang kecelakaan. “Dalam waktu dekat juga ada, sementara diurus pencairannya. Ada nelayan dari Kolaka yang meninggal. Ini berarti asuransi itu memang sangat bermanfaat. Walaupun tidak ada yang menginginkan kecelakaan itu,” pungkasnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top