Untuk Tingkatkan Disiplin, Pemkab Buton Terapkan Absensi Wajah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Untuk Tingkatkan Disiplin, Pemkab Buton Terapkan Absensi Wajah

Para pegawai lingkup Pemkab Buton saat melakukan absensi dengan sensor wajah di Kantor Sekretariat Kabupaten Buton, Takawa, kemarin.
AKHIRMAN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Penerapan sistem absensi pada aparatur sipil negara (ASN) dengan sensor wajah mulai diterapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton sejak Senin (10/7). Penggunaan absen dengan teknologi pemindai wajah tersebut resmi dilakukan setelah uji coba selama satu minggu.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton, Kasim mengatakan, penggunaan daftar hadir berbasis teknologi itu dilakukan untuk meningkatkan disiplin kehadiran ASN. Sebab, penggunaan absen manual yang diterapkan sebelumnya, berpotensi direkayasa pegawai malas. “Kalau dengan sistem sensor wajah ini, ASN tidak bisa lagi bermain. Karena untuk bisa tercatat hadir, maka harus melakukan sensor wajah dengan teknologi tersebut,” ujar Kasim, saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Hari pertama pemberlakuan absensi baru itu, menunjukan efek positif. Seluruhnya hadir lebih awal dan tidak ada yang terlambat. “Saya berangkat dari rumah menuju kantor pukul 06.30 Wita. Saya pikir akan menjadi orang pertama yang sampai, karena jadwal masuk pegawai pukul 08.00 Wita. Ternyata, ketika saya sampai sudah banyak pegawai yang memadati Sekretariat Pemkab Buton, Takawa. Semuanya hadir, karena absensinya sensor wajah seluruh ASN Buton ditempatkan di sekretariat,” terang Kasim.

Pemberlakuan absen sensor wajah, lanjut Asisten I Sekretariat Kabupaten (Setkab) Buton itu, memberi banyak manfaat. “Ada kesepahaman, jika pegawai malas, maka pimpinannya juga harus bertanggungjawab.
Kehadiran ASN hari ini patut diapresiasi. Saya harap ini bisa dipertahankan. Semua tergantung ketegasan kepala dinas masing-masing,” pungkasnya. (b/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top