Sembilan Bacagub Bersaing Rebut Hanura, Ridwan dan Rusman Ikut Ambil Formulir – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Sembilan Bacagub Bersaing Rebut Hanura, Ridwan dan Rusman Ikut Ambil Formulir

Ketua Harian DPD I Partai Golkar Sultra, , Imam Al Gazali (pakai kacamata) tengah menerima formulir pendaftaran Bacagub dari Sekretaris Tim Penjaringan Bacagub DPD Hanura Sultra, Bandung Longgeng. Foto : Marwan Abidin / Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Meski hanya punya dua kursi di DPRD Sultra, Partai Hanura tetap jadi magnet bagi para kandidat calon gubernur Sultra. Begitu partai pimpinan Oesman Sapta Odang itu membuka penjaringan Bakal Calon Gubernur periode 2018-2023 berebut mendaftar. Saat ini, sudah ada sembilan bakal calon yang menyatakan keinginannya diusung Hanura. Dua orang terakhir adalah Rusman Emba dan Ridwan Bae.

Keduanya menjadi pendaftar kedepalan dan sembilan. Dua tokoh ini diwakili tim sukses masing-masing, menyambangi Sekretariat Partai Hanura untuk mengambil formulir pendaftaran. Ridwan datang diwakili Ketua Harian Partai Golkar Sultra, Imam Al Gazali. Sedangkan Rusman Emba diwakili La Ode Darmono.

“Saya mewakili Pak Ridwan Bae untuk mengambil formulir Hanura ini untuk majunya beliu sebagai calon gubernur 2018-2023,” jelas Imam seusai mengambil formulir Bacagub di sekretariat DPD Hanura Sultra, Senin (10/7). Kata dia, apalagi sejauh ini antara Golkar dan Hanura mempunyai kedekatan emosional. Sehingga, mewakili Ridwan Bae berharap bisa berkoalisi dengan Golkar dan Ridwan Bae sebagai cagubnya. “Di DPP juga mempunyai hubungan yang baik dengan Hanura, dan tentu di Sultra demikian,” jelasnya.

Sementara, Ketua Tim Pemenangan Bacagub Rusman Emba, Laode Darmono mengatakan dirinya diperintahkan oleh mantan anggota MPR RI itu untuk mengambil formulir pendaftaran di Partai Hanura termasuk di Gerindra sebagai balon Gubernur Sultra periode 2018-2023. Kata dia, Rusman untuk mengusung sebuah peradaban baru di Sultra. Sebanyak empat poin pun menjadi tumpuannya.

“Jadi, ada empat poin yakni untuk mematahkan dinasti politik. Kedua, Pak Rusman Emba adalah representasi generasi muda. Ketiga, membangun infrastruktur yang bebas banjir. Serta menjadi pemimpin yang mengutamakan mengutamakan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi (jika masyarakat dapat musibah seperti banjir pemimpin wajib hadir bersama rakyat bukan justru sibuk sosialisasi),” jelasnya saat mengambil formulir Sabtu lalu

Kata dia, nantinya pada saat pengembalian berkas formulir pendaftaran, LM Rusman Emba akan menyerahkan langsung ke Ketua DPD Partai Hanura Sultra Muhammad Sabri Manomang. “Soal kapan akan beliau (LM Rusman Emba, red) mengembalikan berkas formulir pendaftaran, saya belum bisa pastikan, sebab akan ada penyesuaian waktu dari Ketua Hanura dan Pak Rusman,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Penjaringan Bacagub DPD Hanura Sultra, Bandung Longgeng mengatakan, Rusman Emba merupakan pendaftar ke delapan. Kata dia, bacagub atau baca wagub yang melamar di Partai Hanura mempunyai kesempatan yang sama, sehingga setiap bacagub dan bacawagub yang mendaftar harus mengoptimalkan kesempatan emas tersebut. “Kita, Partai Hanura tidak mengusung kader untuk maju di Pilgub, dan itu berarti tidak ada beban,” ujar Ketua Bidang Organisasi Partai DPD Hanura Sultra seusai menyerahkan formulir bacagub ke Imam Al Ghozali.

Ia menambahkan, dengan tidak adanya kader Hanura yang maju akan mempercepat munculnya rekomendasi dari partai untuk calon, karena umumnya rekomendasi tersebut selama ini yang menjadi hambatan dalam pengusungan calon. Olehnya, ia berharap, agar Rusman Emba bersama figur lainnya mengoptimalkan kesempatan tersebut dan menggunakan Hanura sebagai jembatan untuk maju di Pilgub Sultra 2018.

Untuk diketahui, selain Rusman dan Ridwan, tujuh kandidat lain sudah lebih awal melamar ke Hanura. Mereka adalah Lukman Abunawas, Ali Mazi, Rusda Mahmud, Sjafei Kahar, La Ode Masihu Kamaluddin, La Ode Ida, dan Supomo. Pendaftaran sudah dimulai sejak 5 Juli lalu dan akan berakhir 18 Agustus nanti. (wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top