Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional Ke-16, MAN IC Kendari Wakili Sultra – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional Ke-16, MAN IC Kendari Wakili Sultra

Waode Ismawati/Kendari Pos
Kepala MAN 1 Kendari Dr Abdul Basit (kedua dari kiri), bersama tiga siswanya yang wakili Sultra dalam Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional ke-6 tanggal 9 s/d 17 Juli mendatang di Banda Aceh.

KENDARIPOS.CO.ID — Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari, menjadi satu-satunya delegasi Sultra dalam Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional ke-16 tahun 2017. Ajang bergensi yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini, dilaksanakan di Banda Aceh pada 9 s/d 17 Juli.

Perkemahan ini diikuti 450 siswa SMA/SMK/MA se-Indonesia. Lolosnya MAN IC sebagai duta Bumi Anoa, tentunya menjadi suatu kebanggaan. Pasalnya, sekolah ini baru dibuka tahun 2016 itu. Namun, tiga siswa terbaiknya, yakni Ade Kurniawan Saputra, Fathudin Amir, Azzuhri Qadri Azis berhasil menjadi duta Sultra di ajang nasional. Mereka akan didampingi
satu orang pembimbing, yakni Kepala MAN IC Kendari, Dr. Abdul Basit.

“Kegiatan ini tidak hanya diikuti siswa saja, akan tetapi juga melibatkan 150 guru se-Indonesia sebagai pembimbing. Saya sangat bangga bisa lolos seleksi dalam ajang tahunan LIPI ini, sebab selalu ditunggu-tunggu oleh para peneliti muda khususnya pelajarSekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) di Indonesia,” ungkap Abdul Basit.

Menurutnya, menjadi perwakilan Sultra tidaklah mudah. Sekolah itu melalui tahap seleksi yang begitu ketat yang dilakukan secara nasional. “Kita daftar secara online sejak bulan Februari lalu. Kemudian dilakukan verifikasi dan seleksi langsung oleh panitia pusat,” kata Basit.

Masih dijelaskan Basit, semangat besar sehingga pihaknya terlibat dalam kegiatan tersebut adalah untuk menanamkan sikap dan perilaku pemikiran ilmiah (scientific minded), rasa keinginan tahuan ilmiah (scientific curiosity) dan pendekatan ilmiah (scientific approach). Selain itu, untuk menumbuhkan kemandirian siswa, dalam mencari alternatif pemecahan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

“Terlebih saat ini, budaya meneliti dikalangan remaja Indonesia bukan lah sesutau yang aneh ditelinga mereka. Saya selaku kepala sekolah, siswa MAN IC Kendari yang terlibat ini, dapat memiliki budaya meneliti sejak dini. Mereka juga dapat menggali potensi diri dibidang IPTEK sebagai human investment untuk mengisi pembangunan daerah masing-masing,” tandas pria ramah itu. (ima/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top