DKP Sultra Usul Bantuan 127 Kapal Nelayan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

DKP Sultra Usul Bantuan 127 Kapal Nelayan

KENDARIPOS.CO.ID — Demi meningkatkan hasil tangkapan nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra mengusulkan bantuan kapal di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Tahun ini, DKP Sultra sudah menyalurkan 63 unit kapal untuk nelayan di seluruh wilayah Sultra dari 213 usulan bantuan. Saat ini masih banyak nelayan yang layak mendapat bantuan namun tak kebagian.

Meski begitu, DKP Sultra kembali mencoba mengirim berkas usulan sebanyak 127 unit kapal dibawah 30 Gross Tonnage (GT). Kepala DKP Sultra, Askabul Kijo mengatakan, tahun lalu KKP akan menyiapkan tiga ribu unit kapal untuk seluruh nelayan di Indonesia. Namun faktanya, hanya seribu yang direalisasikan. Makanya animo nelayan sempat kendur karena di Sultra hanya 63 kapal yang dibagikan. “Kita dengar ada tiga ribu kapal. Makanya usulan kita 200 lebih malah hanya 63, tapi tetap kita syukuri,” ujar Askabul Kijo di ruang kerjanya, Senin (10/7).

Setelah masuknya usulan baru sebanyak 127 unit itu, kini DKP Sultra tinggal menunggu tim verifikasi dari pusat. Diperkiran nanti akhir tahun diverifikasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Dia berharap, realisasi bantuan kapal yang dikucurkan pemerintah pusat melalui KKP bisa lebih dari realisasi tahun lalu. Sebab, jumlah nelayan yang membutuhkan itu masih cukup banyak di Sultra ini.

Menurut Askabul, masalah modal menjadi kendala utama dalam peningkatan hasil tangkapan petani. Sebab mereka tidak memiliki fasilitas yang memadai untuk memperbanyak tangkapan, salah satunya masih menggunakan perahu kecil. “Untuk masalah modal ini juga kami ada program sehat nelayan yaitu sertifikat hak atas tanah nelayan. Terobosan ini supaya ada jaminan kalau pinjam uang di bank,” papar Askabul Kijo.

Sementara bicara potensi perikanan, Sultra memiliki 1,1 juta ton per tahun. Saat ini baru 20 hingga 30 persen yang dikelola nelayan. “Baru 160 sampai 250 ribu ton per tahun, karena posisi kita sangat strategis, bisa ke Maluku, Sulawesi Tengah dan lainnya,” tambahnya. Hasil tangkapan nelayan Sultra juga sudah dijual ke berbagai daerah. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top