Dikmudora Kendari Buka Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Tahap II – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Dikmudora Kendari Buka Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Tahap II

Dra. Sartini Sarita,
Plt. Dikmudora Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah diumumkan pada 9 Juli lalu, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017 Tahap II untuk jenjang SMP. Kesempatan itu diberikan pada sekolah negeri maupun swasta yang belum terpenuhi kuotanya. Proses penerimaannya berbeda dengan tahap I, sebab akan digelar secara offline.

Plt. Dikmudora Kota Kendari, Dra. Sartini Sarita menjelaskan, ada beberapa alasan dibukanya PPDB tahap II. Pertama, masih banyak sekolah swasta yang kurang peserta didik baru atau pendaftarnya. Di tahap I hanya dua sekolah swasta yang sudah mendapatkan pendaftar sesuai kuota, yaitu SMP Kartika Kendari dan SMP Frater Kendari. “Selebihnya masih sangat kurang peminat bahkan hal itu juga terjadi pada sekolah negeri, seperti SMPN 19 Kendari,” ungkapnya.

Alasan lainnya, lanjut Sartini, setelah diumumkan PPDB tahap I pada 9 Juli kemarin, dari 4.610 pendaftar masih ada 618 orang yang belum mendapatkan kursi karena tidak lolos. Hal itu bukan karena tidak terakomodir atau tidak cukup ruang belajar, akan tetapi mereka mendaftar di sekolah di luar zona atau tempat tinggalnya. Sebagaimana Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB, bahwa sekolah wajib 90 persen berdasarkan zona, usia dan nilai UN. Sedangkan yang paling prioritas sekolah menerima berdasarkan domisili atau zona.

“Pendaftar yang memilih sekolah tidak sesaui dengan zona tempat tinggalnya, tidak bisa lolos. Sebab ketentuan domisili paling diprioritaskan dalam penerimaan siswa baru tahun ini,” katanya.

Diapun menjelaskan, pada tahap II nanti, sekolah yang sudah terpenuhi kuotanya sudah tidak buka pendaftaran lagi. Misalnya, SMPN 1 Kendari, SMPN 2 Kendari, SMPN 4 Kendari, SMPN 5 Kendari, SMPN 9 Kendari, SMP Frater Kendari dan SMP Kartika Kendari. Oleh karena itu, masyarakat bisa mendaftar di sekolah-sekolah yang masih membuka PPDB.

“Semoga pada kesempatan kedua nanti bisa dimanfaatkan dengan baik. Masyarakat tak perlu khawatir karena semua lulusan SD yang masuk di SMP dipastikan terakomodir semua. Bagi pendaftar yang belum lolos silahkan mendaftar di tahap II dan masih banyak sekolah yang akan membuka pendaftaran tersebut,” tandasnya. (ima/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top