Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru Resmi Diumumkan, SMP Swasta di Kendari Sepi Peminat – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru Resmi Diumumkan, SMP Swasta di Kendari Sepi Peminat

Orang tua murid melihat pengumunan.

KENDARIPOS.CO.ID — Sempat tertunda dari agenda semula, akhirnya Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, resmi mengumumkan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017, Minggu (9/7). Sejumlah sekolah yang dianggap favorit oleh masyarakat, pendaftarnya sangat membludak. Berbanding terbalik dengan sekolah swasta yang sepi peminat.

Hal itu diungkapkan Plt Dikmudora Kota Kendari, Sartini Sarita. Dia memastikan proses pengumuman berjalan baik. Apalagi dengan adanya sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru ini, terjadi pemerataan signifikan sehingga tidak ada lagi yang namanya sekolah favorit. “Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa beberapa sekolah yang brandnya masih menjadi sekolah terbaik di Kota Kendari ini, seperti SMPN 1, SMPN 4 dan SMPN 5 dan SMPN 9,” ujar Sartini Sarita saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Sartini menjelaskan masih banyak sekolah swasta yang kekurangan siswa atau pendaftar. Hanya sedikit yang diminati masyarakat, misalnya SMP Kartika Kendari dan SMP Frater Kendari. Meskipun demikian, seluruh satuan pendidikan wajib menerapkan sistem zonasi dalam PPDB. Hal itu sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB bahwa 90 persen siswa yang diterima berdasarkan domisili atau zonasi.

“Dengan berlakunya aturan ini, maka harapannya tak ada lagi sekolah yang kekurangan siswa, baik negeri maupun swasta. Sehingga peserta didik akan tersebar merata. Meskipun begitu, masyarakat belum terlalu melirik sekolah swasta sehingga menumpuk di sekolah yang dianggap terbaik. Makanya itu, kita akan minimalisir penumpukan dengan mengacu aturan ini. Siapa pun yang berada di sekitar SMPN 1 Kendari misalnya, wajib diterima. Entah itu mau rendah nilainya yang penting dekat di sekolah itu,” jelasnya.

Selama ini, lanjut dia, hanya anak-anak yang berprestasi dan punya nilai tinggi yang berhasil masuk di SMPN 1 Kendari atau SMPN 9 Kendari. Sebab mereka yang tidak bisa bersaing secara akademik dan harus tersingkir meski berada disekitar sekolah itu. Kali ini, setiap sekolah hanya diberi lima persen kuota untuk jalur prestasi. Oleh karena itu, dalam PPDB tahun ini, panitia memvalidasi dan verifikasi data secara berulang. Hal itu untuk memastikan semua siswa diterima berdasarkan syarat ketentuan dalam Prosedur Operasional Standar (POS) PPDB, utamanya domisili atau tempat tinggal.

“Kami akui memang belum seratus persen menjalankan secara baik sistem zonasi ini. Apalagi belum tersosialisasi secara baik di masyarakat sehingga masih banyak yang belum paham. Mereka tetap mengandalkan nilai tinggi yang diperoleh anaknya sehingga tetap mengincar sekolah yang dianggapnya favorit,” ungkap Sartini.

Menurut Sekretaris Dikmudora Kota Kendari itu, sebanyak 4.610 pendaftar yang tersebar di 38 SMP negeri dan swasta. Sedangkan yang mendapatkan kursi dalam kuota sekira 3.992
pendaftar. Masih 618 yang belum tercover. Hal itu bukan karena kekurangan ruangan atau kursi, namun mereka memilih sekolah yang tidak sesuai dengan domisili atau zona.

“Contohnya, masyarakat Padaleu harusnya memilih SMPN 15, tetapi mereka mendaftar di SMPN 1 Kendari, SMPN 9 Kendari dan SMP Kartika. Akhirnya, tidak bisa lolos karena berada diluar zona. Bagaimana pun, kalau yang memilih diluar domisili tidak bisa lolos, kecuali pindahan atau berasal dari luar Kota Kendari. Sebab setiap sekolah sudah diberi lima persen kuota untuk luar daerah,” tegasnya.

Meski tak dapat kursi di sekolah pilihannya, 618 pendaftar yang belum terakomodir, masih akan diberi kesempatan di PPDB tahap II, yang akan dibuka pada 12 hingga 13 Juli bagi sekolah yang belum terpenuhi kuotanya. Terutama sekolah swasta yang masih banyak kekurangan peserta didik baru.

“Silakan mendaftar tapi namun sekolah yang sudah terpenuhi kuota sudah tidak buka pendaftaran lagi. Misalnya, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 5 dan SMPN 20, SMP Kartika dan SMP Frater Kendari. Pendaftar yang sudah dinyatakan lolos, silahkan mendaftar ulang mulai 10 sampai 11 Juli,” pungkasnya. (ima/b)

Penerimaan Pelajar SMP di Kota Kendari

– Terdapat 38 SMP, baik negeri maupun swasta.
– Jumlah peminatnya mencapai 4.610 orang.
– Sekira 3.992 pendaftar yang mendapatkan kursi dalam PPDB.
– Masih sekira 618 yang belum tercover.
– Diberi kesempatan pada PPDB tahap II.
– PPDB tahap II dimulai 12 hingga 13 Juli.
– Sekolah yang sudah terpenuhi kuotanya, tidak buka pendaftaran.

Sumber : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Kendari

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top