Harga Komoditas Menurun, PT. Antam Optimis Tetap Membaik – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

Harga Komoditas Menurun, PT. Antam Optimis Tetap Membaik

Dimas Wikan Pramudito.
Direktur Keuangan PT Antam (Persero) Tbk.

KENDARIPOS.CO.ID — PT Antam (Persero) Tbk., mengemban tugas untuk mengelola kekayaan sumber daya mineral Indonesia demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Namun, saat ini Antam sedang menghadapi berbagai dinamika bisnis dengan kondisi yang sangat berbeda bila dibandingkan pada saat perusahaan tersebut baru terbentuk. Dimana persaingan usaha di industri pertambangan semakin meningkat dan harga komoditas yang kurang kondusif.

“Beberapa tahun terakhir komoditas industri pertambangan kurang kondusif, khususnya di Semester 1 tahun 2017 yang lebih menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini harga nikel hanya sebesar USD 4.12/lbs dan harga emas di level USD 1,225/troy oz. Sedangkan harga nikel tahun 2016 lalu mencapai rata-rata USD 4.57/lbs dan harga emas di level USD 1,265/troy oz,” ungkap Direktur Keuangan PT Antam (Persero) Tbk., Dimas Wikan Pramudito.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya berupaya melakukan penurunan biaya-biaya yaitu dengan meningkatkan produktifitas kerja serta mencari peluang efisiensi biaya dari setiap lini, baik operasional maupun non-operasional. Hasilnya, pada tahun 2017 tepatnya di kuartal II terjadi peningkatan produksi.

“Produksi Feronikel tahun 2017 mencapai 9.326 TNi atau meningkat 12% dari pencapaian tahun 2016. Begitupun dengan produksi bijih nikel HGSO yang mencapai 383, 494 wmt atau meningkat 398.7% dan produksi bijih nikel LGSO yang tahun lalu tidak ada, kini mencapai 400.027 wmt,” bebernya.

Dimas pun optimis bahwa kedepannya Antam memiliki posisi dan prospek yang baik untuk terus berkembang. “Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa tahun ini Antam mengalami kondisi yang penuh tantangan bagi perusahaan. Namun dengan dengan terus bekerja keras, bekerja ikhlas dan bekerja cerdas, serta melakukan yang terbaik untuk kepentingan perusahaan, maka saya yakin Antam akan bisa membalikkan kondisi menjadi lebih baik lagi di tahun 2017 dan tahun-tahun mendatang,” tandasnya. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top