Secangkir Kopi Bisa Kurangi Resiko Kanker Hati? – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kesehatan

Secangkir Kopi Bisa Kurangi Resiko Kanker Hati?

JAKARTA – Minum hanya satu cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko bentuk kanker hati primer yang paling umum. Pandangan ini menurut penelitian baru di Inggris, baik kopi berkafein dan tanpa kafein.

Studi yang dilakukan oleh University of Southampton bersama dengan para periset dari University of Edinburgh menganalisis data dari 26 studi pengamatan yang melibatkan lebih dari 2,25 juta peserta.

Tim penelitian tersebut melihat efek minum antara satu hingga lima cangkir kopi berkafein per hari pada penderita kanker hepatoselular (HCC), penyebab utama kematian kedua akibat kanker secara global, terutama di Tiongkok dan Asia Tenggara.

BACA JUGA :  Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Bunuh Diri

Temuan menunjukkan minum satu cangkir kopi sehari dikaitkan dengan 20 persen pengurangan risiko pengembangan HCC, dua cangkir dikaitkan dengan pengurangan 35 persen dan lima cangkire dikaitkan dengan pengurangan hingga 50 persen.

“Kami tidak menyarankan agar setiap orang mulai minum lima cangkir kopi setiap hari. Perlu ada penyelidikan lebih lanjut tentang potensi bahaya asupan kopi dengan kafein yang tinggi, dan ada bukti yang harus lebih ditemukan,” kata penulis utama studi, Dr. Oliver Kennedy, seperti dilansir laman MSN, Rabu (5/7).

BACA JUGA :  Besok, Polisi Akan Tetapkan Tersangka Kasus Mirna

“Kami telah menemukan bahwa kopi mengurangi resiko sirosis dan juga kanker hati, namun juga harus tergantung pada dosisnya. Kopi juga telah dilaporkan mampu mengurangi risiko kematian akibat banyak penyebab lainnya. Penelitian kami menambah bukti bahwa jika dikonsumsi secara tidak berlebihan, kopi bisa menjadi obat alami yang luar biasa,” kata profesor Peter Hayes dari University of Edinburgh.

BACA JUGA :  Polisi Cekal Jessica ke Luar Negeri

Temuan kami, sambung Peter, merupakan perkembangan penting mengingat banyaknya bukti bahwa HCC kini meningkat secara global dan prognosis buruknya.

Diperkirakan pada 2030 mendatang, jumlah kasus baru HCC setiap tahunnya akan meningkat sekitar 50 persen, menjadi lebih dari 1,2 juta.

Konsumsi kopi yang meningkat telah terbukti melindungi terhadap penyakit hati kronis non-kanker kronis (sirosis).

Hal ini mungkin karena molekul senyawa dalam kopi yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, anticarcinogenic dan manfaat lainnya. (Fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top