Musim Hujan di Kolaka Utara, Petani Meradang – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kolaka Utara

Musim Hujan di Kolaka Utara, Petani Meradang

Muh Rusli/kendari pos
Petani di Desa Majapahit Kecamatan Pakue Tengah, Kolaka Utara kini diliputi perasaan cemas. Hujan yang tiada henti membuat tanaman padi mereka menjadi kerdil. Kalau cuaca tidak berubah, dipastikan bakal gagal panen.

kendaripos.fajar.co.id — Musim hujan yang berkepanjang di Sultra, khususnya di Desa Majapahit Kecamatan Pakue Tengah, Kolaka Utara membuat petani padi di daerah itu cemas. Pasalnya, tanaman mereka menjadi kerdil. Burhan, salah seorang petani mengaku terpaksa menanami kembali petakan sawahnya yang nampak terlihat kosong. Hal itu bukan dikarenakan cara tanam sebelumnya yang renggang namun diakibatkan sebagian bibit mati karena terlalu sering hujan. “Hujan terus. Sebagian mati dan rata-rata kurus (kerdil) jadi kita sulam lagi,” kata Burhan, kemarin.

Dengan luas yang kurang lebih 5 Ha, ia menyulam dengan kemenakannya. Kondisi padi yang membuatnya meradang tidak hanya dialami dirinya namun sebagian besar sawah di sana mengalami nasib sama. Ia hanya menggunakan jenis padi biasa yang bibitnya diambil dari Sulsel. “Kalau bantuan seperti pupuk dan racun pemerintah cepat merespon. Termasuk mesin traktor tinggal diminta karena dipersiapkan,” bebernya.

Para petani hanya gusar, jika hujan terus berkepanjangan yang membuat padi-padi mereka tidak pulih, secara otomatis akan berpengaruh dengan hasil panen karena kerdil sejak dini. Kecemasan itu juga tertuju akan beberapa jenis hama seiring musim yang tidak menentu semisal wareng batang coklat, penggerek batang hingga tikus. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.





Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top