Siap-siap, Dikmudora Bakal Mutasi Guru di Kota Kendari – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Siap-siap, Dikmudora Bakal Mutasi Guru di Kota Kendari

kendaripos.fajar.co.id — Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari dalam waktu dekat akan melakukan mutasi guru di metro ini. Mutasi tersebut didasarkan pada kondisi distribusi guru disetiap sekolah yang tidak merata. Sehingga, dimungkinkan kualitas pendidikan pun tidak pula sama disetiap sekolah.

Contohnya di Kecamatan Kadia dan Abeli. Dua wilayah itu penyebaran tenaga pendidiknya tidak berimbang. Untuk itu, mutasi guru akan dilakukan untuk mengondisikan setiap sekolah mendapatkan guru secara merata. “Faktanya, disetiap sekolah itu sebaran gurunya beda-beda. Paling padat di Kadia, dan paling minim di Abeli. Imbasnya, kualitas pendidikan kita juga tidak sama disetiap sekolah. Makanya kita akan lakukan mutasi,” ujar Sartini Sarita, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Kebudayaan Kota Kendari, Rabu (5/7).

Mutasi dimaksud, kata Sartini, akan didasarkan pada sistem zonasi. Selain itu, tingkat pendidikan guru juga akan menjadi standar mutasi. “Misalnya zonasi Kecamatan Kendari, semua sekolah gurunya kita bagi secara adil. Lalu tingkat pendidikannya, ada guru yang berkualifikasi masternya banyak, disekolah lain malah tidak ada. Jadi itu kita akan tata,” ungkapnya.

Untuk tenaga pengajar di Kota Kendari sebenarnya masih belum representatif. Idealnya, perlu ada penambahan sebanyak 336 guru untuk berbagai mata pelajaran. “Paling kurang guru kelas, guru pendidikan jasmani dan olahraga dan guru PAI. Tapi kalau kita sebar merata, kekurangan itu bisa diatasi,” pungkasnya. (m1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top