Peringati Hari Jadi, IBI Sultra Periksa Ribuan Rahim Ibu – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Peringati Hari Jadi, IBI Sultra Periksa Ribuan Rahim Ibu

Perawat teknis yang hendak melakukan pelayanan pemeriksaan IVA untuk mendeteksi penyakit kanker mulut rahim di RSUD Bahteramas Foto : Angga/Kendari Pos.

kendaripos.fajar.co.id — Penyakit kanker rahim jadi momok bagi kaum ibu. Kanker rahim merupakan salah satu penyakit berbahaya bagi kaum perempuan di dunia. Setiap tahun ada ribuan wanita yang kehilangan nyawa, tak mampu melawan kanker itu. Makanya, para tenaga teknis kesehatan mewaspadai penyakit itu. Salah satu bentuk perhatian itu diwujudkan oleh para pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-66, IBI menggelar pemeriksaan kesehatan kanker mulut rahim secara gratis.

Kegiatan itu digelar serentak oleh pengurus IBI nasional. Di Sultra, pengurus provinsi menggelar pemeriksaan gratis bagi kaum ibu di RSUD Bahteramas. Begitu pula IBI di 17 kabupaten dan kota juga menggelar kegiatan serupa di daerah masing-masing. Ketua Pengurus Daerah IBI Sultra, Hj. Janita,SKM,S.Tr.Keb.M.Kes menjelaskan seyogyanya peringatan hari IBI jatuh pada 24 Juni lalu. “Namun karena bertepatan dengan bulan suci Ramadan maka pengurus nasional menyepakati agenda tahunan itu diundur hingga habis lebaran. Alhamdulilah hari terselenggara,” ungkapnya, Rabu (5/7).

Dilanjutkannya pada peringatan kali ini IBI menargetkan 31 ribu wanita akan diperiksa. Untuk itu, sebanyak 10.300 bidan telah disiapkan. “Untuk Sultra, IBI target memeriksa 1.200 orang, sebanyak 3.000 bidan kami sudah siap,” ungkapnya.

Masih kata Hj. Janita, agar wanita terhindar dari kanker mulut rahim itu idealnya memeriksakan diri dua kali setahun atau minimal sekali setahun. “Bidan memang harus menjadi sahabat perempuan, supaya masyarakat tidak malu memeriksakan diri, karena sebenarnya penyakit ini bisa dicegah, sayang kalau meninggal karena itu,” tambah Hj. Janita.

Pantauan koran ini, sejak pukul 11.00 kemarin, kaum ibu datang untuk memeriksakan rahimnya. Para bidan juga terlihat semangat memberikan sosialisasi cara-cara mencegah potensi penyakit kanker rahim. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top