Kolesterol Anda Tinggi? Coba Konsumsi Makanan Ini – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kesehatan

Kolesterol Anda Tinggi? Coba Konsumsi Makanan Ini

kendaripos.fajar.co.id — Kolesterol merupakan lemak jenuh yang terdapat pada aliran darah dibutuhkan sebagai bahan utama dalam memprodoksi hormon tertentu. Jika kolesterol didalam darah berlebihan akan mengakibatkan penyakit stroke dan jantung. Kandungan kolesterol yang berlebihan didalam darah dapat dikenali dengan munculnya rasa sakit pada pengelangan tangan ataupun kaki. Jika terjadi hal ini segera konsultasikan ke dokter dan tingkatkan dalam mengkonsumsi buah dan sayur untuk menurunkan kadar kolesterol didalam darah.

Kadar koleterol normal dibawah dari 200 mg/dl. Apabila kadar kolesterol diatas 240mg/dl akan beresiko tinggi terkena serangan penyakit stroke atau diabetes. Salah satu alternatif yang mudah adalah dengan meningkatkan konsumsi buah serta sayur dan mengurangi konsumsi daging juga masakan bersantan. Dalam menurunkan kadar kolesterol tidak semu sayur maupun buah yang mampu menyetabilkan kadar koleterol didalam darah. Karena setiap buah ataupun sayur mempunyai kandungan – kandungan yang berbeda.

Sayur dan puah efektif menurun kolesterol. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat, yaitu mengurangi konsumsi daging dan meningkatkan konsumsi sayur secara rutin dan teratur. Pembuluh darah yang melekat dengan kolesterol akan menurun diatasi oleh kandungan antioxidant didalam buah. Berikut ini beberapa buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol didalam darah. Bayam. Bayam adalah sayuran hijau yang mengandung zat lutein sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk kesehatan mata. Selain itu kandungan lutein pada bayam berfungsi sebagai pencegah pengendapan lemak didalam darah pembuluh darah sehingga resiko terserang penyakit Jantung dapat diatasi.

Kedelai. Tanaman yang tergolong dalam famili leguminose ini mempunyai kandungan isovlavon berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol di dalam darah. Kedelai dapat dikonsumsi melalui susu kedelai , tahu, maupun tempe. Jadi gantilah daging dengan mengkonsumsi tahu atau tempe. Namun dalam memasak tempe atau tahu sebagai penurun kolesterol sebaiknya digoreng dengan minyak yang masih murni karena jika menggunakan jelantah akan menimbulkan lemak jenuh berakibat menigkatkan jumlah kolesterol di dalam darah. Untuk hasil yang optimal dianjurkan mengkonsumsi 25 gram protein kedelai dalam satu hari.

Buncis. Sayuran yang termasuk dalam kacang – kacangan ini bersifat serat larut sehingga mampu mengurangi kadar koleterol didalam darah.

Bawang Putih. Sebagai tanaman umbi – umbian kegunaan utama sebagai bumbu sayur ini juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol didalam darah. Bawang putih mampumenurunkan koleterol yang menempel didalam darah.

Apel. Buah apel dikenal dengan buah yang menyehatkan selain buah ini sebgai buah diet juga memiliki kandungan untuk menurunkan kadar kolesterol. Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 40 % setiap harinya serta mampu mencegah penyerapan koletrol di dalam tubuh.

Anggur. Selain anggur memiliki rasa yang enak juga mempunyai khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan flavonoid didalam anggur mampu menurunkan kadar koletero didalam darah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal konsumsi jus anggur sebanyak dua gelas per hari disetiap pagi dan malam hari menjelang tidur.

Bluberry. Buah bluberry sangat baik digunakan sebagai obat tradisional dalam menurunkan kolesterol secara efektif.

Jeruk Nipis. Buah jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat dikonsumsi secara langsung maupun dibuat minuman. Kandungan flavonoid didalam jeruk nipis menghambat dalam produksi kolesterol didalam tubuh. (net)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top