UHO Siapkan Banyak Kuota Jalur Lokal – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

UHO Siapkan Banyak Kuota Jalur Lokal

Dokumen Kendari Pos
Peserta Seleksi Masuk di Universitas Halu Oleo beberapa waktu lalu.

kendaripos.fajar.co.id — Universitas Halu Oleo (UHO) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru (Maba) jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2017. Kuota yang disiapkan mencapai 4.646 kursi. Pendaftaran Maba jalur lokal tersebut sudah bisa dilakukan terhitung rabu (5 /7) hingga 11 Juli mendatang.

Alumni SMA sederajat bisa langsung mendaftar secara online melalui website resmi UHO www.uho.ac.id. Hal itu disampaikan Kepala Humas UHO, Laode Maulid, M.Si., selasa(4/7). Syarat jalur SMMPTN tak jauh berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi yang telah digelar sebelumnya. Dijelaskan Maulid, calon pendaftar harus memiliki ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dengan stempel yang sah dari masing-masing sekolah asal.

Selanjutnya, ada biaya pendaftaran Rp 250.000, pada rekening penerimaan UHO di Bank BRI Cabang Kendari. Pendaftar pun harus didukung dengan kesehatan tubuh agar tidak terganggu saat mengikuti proses perkuliahan nanti. Terkait kuota SMMPTN, lanjut Kepala Humas UHO itu, menyampaikan 4.646 disebar di seluruh fakultas dan Program studi (Prodi). Terdiri dari tiga kelompok, yaitu 2.199 kelompok soshum, 2.047 kelompok saintek dan 400 prodi pendidikan vokasi (diploma).

Jika dirincikan terang dia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 525, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) 117, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik(FISIP) 670, Fakultas Hukum (FH) 212, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 464, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) 425, Fakultas Pertanian 730, Fakultas MIPA 234, Fakultas Teknik 141, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) 138, Fakultas Peternakan 150, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) 150, Fakultas Kesehatan Masyarakat 52, Fakultas Farmasi 55, Fakultas Ilmu Teknologi Kelautan (FITK) 88 dan Fakultas Kedokteran 24. Sedangkan Pendidikan Vokasi, yaitu D3 Teknik Sipil 80, D3 Teknik Arsitektur 80, D3 Teknik Mesin 80, D3 Teknik Elektro 80 dan D3 Statistika 80.

“Masyarakat harus mampu melihat peluang kelulusan disamping minat. Artinya, mereka harus melihat Prodi mana yang masih banyak kursinya jangan tertumpuk pada salah satu saja. Itu yang mengakibatkan ketat persaingan sehingga tidak lolos. Makanya, kami memberi kesempatan bagi pendaftar untuk memilih 5 prodi agar pelaung lolos besar,” bebernya. Setelah pendaftaran SMMPTN, akan dilakukan ujian dengan menggunakan Computer Based Test (CBT) untuk semua Prodi tanggal 13 sampai 14 Juli. Dijalur ini, tidak ada tes tertulis semua menggunakan komputer selama dua hari dengan sistem sift. Tanggal 15 dan 16 Juli langsung ujian psikotest bagi peserta yang memilih Prodi Pendidikan Dokter di Rumah Sakit Jiwa Prov. Sultra. Sementara ujian keterampilan bagi peserta yang memilih Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dan Ilmu Keolahragaan di Stadion Mini UHO.

Tes dalam jalur lokal tersebut sama dengan seleksi sebelumnya, yakni Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum), Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA). “Bedanya penyelenggaraan serta pemeriksaan dilakukan UHO. Akan tetapi, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mempercayai siapapun pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan persyaratan tertentu. Pokoknya, persiapkan diri dengan baik sehingga bisa memenuhi capaian standar kelulusan,” imbuhnya.

Ditambahkan, setelah tes selesai langsung dilakukan rapat penetapan kelulusan pada 17 dan 18 Juli. Lalu kemudian, pada 19 Juli penetapan hasil SMMPTN akan diumumkan secara online melalui website resmi UHO. “Selain di web, kami juga akan umumkan melalui media baik media cetak maupun online. Dengan itu, maka seluruh pendaftar dengan mudah melihat hasil tesnya dijalur mandiri,” tutupnya. (ima/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top